Kompas.com - 21/07/2018, 16:09 WIB

KOMPAS.com - Pengelupasan cat bisa terjadi karena kondisi dinding yang lembab. Dinding lembab sendiri bisa terjadi karena kondisi talang air yang rusak atau kondisi tembok yang bersebelahan dengan taman.

Kandungan air taman yang tinggi bisa masuk melalui celah atau pori-pori dinding, sehingga membuat dinding selalu basah. Dinding lembab juga bisa terjadi karena proses pembangunan yang kurang baik.

Pengelupasan cat juga bisa disebabkan oleh tembok yang belum kering saat dicat, sehingga tembok masih mengandung garam alkali pada saat itu.

Penggunaan dempul dan cat dasar yang salah juga turut menjadi penyebab cat mudah menglupas.

Penyebab lainnya adalah tembok yang belum dibersihkan dan masih mengandung debu, kotoran, minyak, sehingga membuat daya rekat cat berkurang.

Jika tembok pernah dicat ulang, maka penyebab lainnya mungkin datang karena lapisan pertama cat tidak dikerok terlebih dahulu, sehingga lapisan cat baru mudah terkelupas.

Nah setelah mengetahui penyebab cat mudah mengelupas, maka kini Anda bisa melakukan perawatan cat dinding.

Memeriksa kebocoran

Apabila dinding berjamur dan mengelupas, masalahnya mungkin berasal dari rembesan air hujan. Periksalah jendela, pintu, atap, dan pastikan tidak ada celah. Jika terlihat ada celah yang memungkinkan air masuk, tutuplah dengan campuran silikon tahan air.

Membersihkan dinding

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.