Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segarkan Tampilan Dinding dengan Tekstur Bata

Kompas.com - 15/07/2018, 18:00 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini tak sedikit arsitek yang menaruh perhatian pada material-material sederhana. Material seperti kayu, bata, dan baja kini tak hanya digunakan sebagai material utama dalam bangunan, namun juga dapat digunakan sebagai pelengkap interior rumah jika “didandani” dengan benar.

Bata merah misalnya, dinding bata merah yang sengaja diekspos, kini banyak dilakukan untuk mengejar tampilan yang estetis.

Langkah mengekspos bata

Bata merah maupun bata beton kini ramai digunakan untuk mendandani interior suatu bangunan. Warna dan tekstur bata merah dianggap data membuat ruangan menjadi bergaya country atau gaya pedesaan.

Jika ingin mengekspos material sebagai elemen estetika, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama pilihlah bata merah yang berkualits baik dan tidak mudah retak.

Selain itu, Anda juga perlu memerhatikan tekstur dan warna bata. Pilihlah yang seragam baik tekstur maupun warnanya. Untuk urusan ini tergantung dari tampilan dan selera yang Anda inginkan.

Kemudian proses pemasangan. Bata yang akan diekspos, sebaiknya tidak diplester. Bersihkan material dari kotoran sisa semen dan pasir setelah pemasangan.

Kotoran dari sisa semen yang mengeras akan sangat sulit dibersihkan.

Tunggu hingga material dinding benar-benar kering sebelum proses coating dilakukan. Coating merupakan proses pelapisan pada dinding dengan pelaips anti jamur dan air.

Pilih coating yang transparan, agar warna bata tidak berubah.

Jika mengekspos dinding dengan bata alami dirasa sangat sulit, Anda bisa menggantinya dengan bata dekoratif. Bata ini memiliki warna dan tekstur yang sama dengan bata biasa.

Untuk memasang bata jenis ini, Anda tidak perlu mengubah struktur bangunan. Cukup dengan membuat lapisan semen pada pada permukaan dinding, kemudian tempelkan bata satu per satu.

Selain bata merah, Anda juga dapat menggunakan bata beton. Bata jenis ini memberi tampilan minimais.

Bertekstur netral, dan dingin. Tak hanya terjangkau, material ini juga tahan lama dan dapat digunakan hampir di semua lingkungan.

Mewarnai dinding bata

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com