Catat, Jalur Alternatif Saat 2 Lajur Tol Jakarta-Cikampek Ditutup

Kompas.com - 18/07/2018, 19:00 WIB
Pengerjaan proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated. Dokumentasi PT Jasa Marga (Persero) TbkPengerjaan proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated.

JAKARTA, KOMPAS.com - Penutupan dua lajur di Jalan Tol Jakarta-Cikampek saat pekerjaan teknis pembangunan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Elevated) yang dimulai Selasa (17/7/2018) hingga akhir Desember mendatang setiap pukul 21.00-05.00 WIB, berpotensi menimbulkan kemacetan lalu lintas.

Untuk menghindari kemacetan itu, para pengguna jalan disarankan menggunakan jalur alternatif.

Pemimpin Proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated Iwan Dewantoro mengatakan, pengguna jalan dari Jakarta menuju Cikampek bisa masuk ke jalan arteri dengan keluar di Gerbang Tol (GT) Bekasi Barat.

Baca juga: Pekerjaan Teknis di Tol Jakarta-Cikampek Ada di Tiga Titik

Kemudian bisa masuk lagi ke Tol Jakarta-Cikampek melalui Gerbang Tol (GT) Cibitung.

"Misalnya kami tutup di Bekasi Timur, masyarakat bisa masuk ke Bekasi Barat lalu ke Cibitung untuk menuju Cikampek," kata Iwan Dewantoro kepada Kompas.com, di lokasi proyek, Selasa (17/7/2018) malam.

Sebaliknya, pengguna jalan dari Cikampek menuju Jakarta bisa keluar dari Tol Jakarta-Cikampek melalui GT Cibitung atau Grand Wisata.

Nantinya, pengguna jalan bisa masuk tol lagi lewat GT Bekasi Barat.

"Karena penutupan itu bisa menimbulkan antrean, diharapkan masyarakat dapat menggunakan jalur alternatif selain Tol Jakarta-Cikampek ini," tuturnya.

Adapun pekerjaan teknis yang dimaksud berupa penyambungan launcher gantry dengan erection steel box girder yang akan dilakukan secara bertahap.

Iwan menambahkan, penyambungan itu dilakukan di titik tertentu sehingga lajur yang ditutup hanya di titik-titik sekitar pekerjaan teknis.

"Kami tidak menutup sepanjang proyek, tapi di titik mana sedang dilakukan erection itu," ucap Iwan.

Di setiap lokasi dilakukannya pekerjaan teknis itu, dua lajur jalan ditutup sepanjang 200 meter.

Ada tiga lokasi pengerjaan, yaitu di Bekasi Timur ke arah Tambun, Bekasi Barat ke Bekasi Timur, dan Cikarang Utama menuju Km 39.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X