Pekerjaan Teknis di Tol Jakarta-Cikampek Ada di Tiga Titik

Kompas.com - 18/07/2018, 11:49 WIB
Pengerjaan proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated. Dokumentasi PT Jasa Marga (Persero) TbkPengerjaan proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pekerjaan teknis dalam rangka pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated (layang) yang dilakukan pada Selasa (17/7/2018) malam di Km 18 akan dilakukan di tiga lokasi. 

Ketiga lokasi tersebut yaitu di Bekasi Timur ke arah Tambun, Bekasi Barat ke Bekasi Timur, dan Cikarang Utama menuju Km 39.

Baca juga: Rabu Dini Hari, Tol Jakarta-Cikampek Kembali Dibuka

"Kami berencana melakukannya di tiga lokasi, selain di lokasi sekarang, juga di Bekasi Timur ke arah Tambun dan Cikarang Utama menuju Km 39," kata Pemimpin Proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated Iwan Dewantoro kepada Kompas.com, Selasa (17/7/2018) malam di Tol Japek Km 18, Bekasi.

Pekerjaan teknis yang dimaksud berupa pemasangan steel box girder dengan menggunakan launcher gantry.

"Erection dalam rangka commisioning launcher gantry, jadi untuk melakukan erection steel box girder menggunakan launcher gantry," terang Iwan.

Launcher gantry  merupakan salah satu alat yang digunakan selain tandem crane. Seluruh alat ini digunakan untuk pekerjaan teknis di median jalan.

Menurut Iwan, jumlah total steel box girder yang harus dipasang sekitar 2.400 unit. Saat ini baru sekitar 380 unit yang sudah dipasang, atau lebih kurang 15 persen. Jadi masih sekitar 2.020 lagi.

Dia menuturkan, jika menghitung waktu sampai Desember tahun ini, tidak cukup hanya memakai satu launcher.

"Makanya kami pakai tiga launcher gantry dan tiga set tandem crane. Semuanya berfungsi paralel tiap hari," pungkasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X