7 Bangunan Modern Terunik di Asia Tenggara - Kompas.com

7 Bangunan Modern Terunik di Asia Tenggara

Kompas.com - 16/07/2018, 14:00 WIB
Bandara Suvarnabhumi di Bangkok, Thailand.Goasean.com Bandara Suvarnabhumi di Bangkok, Thailand.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebanyakan orang berpikir bahwa bangunan yang menonjol di Asia Tenggara adalah kuil kuno dan monumen bersejarah dengan alasan memiliki arsitektur yang bagus.

Namun, belakangan ini terlihat banyak bangunan yang unik dan indah di wilayah Asia Tenggara, dengan bentuk yang megah dan tampak bersinar sebagai simbol modernisasi.

Bangunan kontemporer ini merupakan contoh nyata dari konstruksi berarsitektur canggih serta merupakan karya yang layak untuk dikagumi dan sayang untuk dilewatkan.

Bagi Anda penggemar arsitektur, berikut ini tujuh gedung modern dan unik di Asia Tenggara yang pantas untuk dikunjungi:

1. Bandara Suvarnabhumi, Bangkok, Thailand

Bandara Suvarnabhumi yang baru direnovasi adalah hasil dari kompetisi arsitektur internasional yang menjadi gerbang modern, luas, dan modern di Thailand.

Pelabuhan pesawat terbang Ini dirancang oleh Helmut Jahn dengan menara pengawas kontrol tertinggi di dunia.

Bangunan besar ini mendapat begitu banyak sinar matahari pada siang hari tetapi dilengkapi dengan atap berteralis yang dirancang untuk menangkis masuknya cahaya sehingga tidak teras pansa dan mengurangi penggunaan penyejuk ruangan.

Terminalnya berukuran luas yang sebagian besar terbuat dari baja dan kaca, dan dirancang untuk memaksimalkan hilir mudik penumpang di salah satu bandara tersibuk di dunia ini.

2. Green School, Bali, Indonesia

Green School di Bali.Inhabitat.com Green School di Bali.

Ketika Anda datang ke sini, Green School di Bali mengesankan bangunan yang terintegrasi dengan lingkungan alam di sekitarnya.

Konstruksinya dibuat dengan bahan alami, seperti bambu yang bisa tumbuh dengan cepat dan merupakan bahan alternatif ramah lingkungan seiring dengan menipisnya hutan hujan.

Sekolah ini didukung oleh sejumlah sumber energi inovatif, termasuk generator vortex bertenaga hidro, panel surya, serta sistem memasak air panas dengan serbuk gergaji bambu.

3. ArtScience Museum, Singapura

ArtScience Museum di Singapura.Goasean.com ArtScience Museum di Singapura.

Salah satu daya tarik utama di sekitar Marina Bay Sands, Singapura, adalah ArtScience Museum. Bangunan kontemporer ini dirancang untuk mewakili keramahan Singapura.

Hal itu dapat dilihat dari bentuk kombinasi 10 jari atau dua tangan yang terbuka. Ujung dari masing-masing jari ini memiliki rangkaian filter yang menarik cahaya alami dan menyalurkannya ke dalam museum.

Dengan demikian, peserta pameran bisa menampilkan karya terbaiknya sealami mungkin. Inilah yang menjadikan ArtScience Museum terus menjadi galeri pilihan untuk pameran dari seluruh dunia.

4. Hei Tower, Hanoi, Vietnam

Hei Tower di Vietnam.Arthitectural.com Hei Tower di Vietnam.
Gedung pencakar langit yang menjulang ini adalah desain yang memenangi kompetisi arsitektur. Sebagai bangunan besar yang menjadi gabungan dari dua persegi empat, bentuk kotaknya yang khas diharapkan bisa menciptakan lebih banyak ruang.

Bangunan apartemen yang ramping dan modern ini juga memiliki taman besar dengan air mancur yang besar dan tumbuhan hijau di sekitarnya sehingga menghadirkan suasana tenang bagi para penghuninya.

5. Henderson Waves, Southern Ridges Walk, Singapura

Henderson Waves di Singapura.Goasean.com Henderson Waves di Singapura.

Jembatan yang cukup penting di Singapura ini bisa dibilang menampilkan struktur yang mengesankan, baik dari segi penampilan maupun pemandangan di sekitarnya.

Henderson Waves disebut sebagai jembatan pejalan kaki tertinggi di negara itu. Panjangnya yang berukuran 274 meter merupakan gabungan dari baja dan kayu, dikombinasikan dengan sebagian sisinya yang bergelombang.

Jembatan ini menjadi bagian dari Southern Ridges Walk dan menjadikannya tujuan populer untuk keluarga dan penggemar olahraga. Saat malam tiba, jembatan ini tampak hidup dengan serangkaian pencahayaan LED yang mengagumkan.

6. CT Hub, Singapura

CT Hub di Singapura.Commercialguru.com.sg CT Hub di Singapura.

Bangunan besar 11 lantai ini dirancang agar terlihat seperti bertakhtakan permata karena fasadnya berisi pola kisi geometrik kompleks yang dibuat dari tampilan LED digital.

Pada malam hari, balkonnya tampak bersinar dan hidup yang karena pancaran dari cahaya lampu LED di fasad.

Untuk mengimbangi garis geometris modern dari bangunan itu, terdapat taman yang rimbun di halamannya sebagai ruang hijau tropis untuk relaksasi bagi penyewa maupun pengunjungnya.

7. Petronas Twin Towers, Kuala Lumpur, Malaysia

Petronas Twin Towers di Kuala Lumpur, Malaysia.Goasean.com Petronas Twin Towers di Kuala Lumpur, Malaysia.

Petronas Tower adalah bangunan modern paling ikonik di Kuala Lumpur yang menjulang dengan ketinggian hampir 500 meter.

Ketika diresmikan pada tahun 1998, gedung itu merupakan bangunan tertinggi di dunia. Bentuk uniknya yang meruncing bisa dilihat dari berbagai titik di Kuala Lumpur, bahkan dari dari negara tetangga Selangor.

Orang yang suka dengan ketinggian bisa naik lift ke Skybridge—jembatan bertingkat dua yang menghubungkan dua menara di lantai 41 dan 42—untuk melihat pemandangan Kuala Lumpur yang memesona.


Komentar
Close Ads X