Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Baru untuk Zohri Tipe 36 Meter Persegi

Kompas.com - 14/07/2018, 10:54 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

PALEMBANG, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pemerintah siap membangun rumah baru untuk Lalu Muhammad Zohri, juara dunia lari 100 meter usia di bawah 20 tahun.

Selain membangun rumah baru, Basuki memastikan, rumah keluarga Zohri pun akan direnovasi. Hal ini dilakukan sebagai upaya apresiasi terhadap Zohri.

Rumah baru yang akan dibangun berukuran 36 meter persegi, dua kamar tidur dengan lahan yang disediakan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Rumah barunya tipe 36,” kata Basuki menjawab Kompas.com, di Palembang, Sabtu (14/7/2018).

Sementara untuk rumah keluarga, kata Basuki, saat ini prosesnya sudah mulai didesain. Pihak keluarga Zohri tidak ingin mengubahnya, karena rumah tersebut memiliki banyak memori.

"Untuk renovasi rumah lama dan konstruksi rumah baru tidak lama, tidak sampai 6 bulan," imbuh Basuki.

Renovasi rumah Zohri merupakan perintah Presiden Joko Widodo kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang segera ditindaklanjuti dengan menugaskan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian PUPR Danis H Sumadilaga untuk mengunjungi rumah Zohri di Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kepala Balitbang Danis H. Sumadilaga Jumat siang(13/7/2018) telah tiba dan bertemu dengan Bupati Lombok Utara H. Najmul Ahyar, keluarga Zohri yang diwakili dua orang kakak Zohri.

Danis mengatakan dari hasil musyawarah dengan keluarga, Bupati Lombok Utara serta pihak Kepolisian dan TNI, renovasi rumah untuk keluarga Zohri akan dilakukan bersama-sama dengan TNI dan Polri.

Kemudian untuk pembangunan rumah baru Zohri, pengadaan tanahnya akan disiapkan oleh Pemkab Lombok Utara, sementara untuk pembangunannya akan dilakukan oleh Kementerian PUPR.

Renovasi rumah segera dilakukan begitu tanahnya tersedia.

“Segera kita lakukan. Saya berharap bisa kita lakukan mulai minggu depan bila tanahnya sudah siap. Kami siapkan rumah baru Zohri dengan tipe yang akan kita sesuaikan dengan kondisi dan luas tapak yang disiapkan oleh Pemkab Lombok Utara. Rumah baru ini sedang disiapkan desainnya oleh Tim Balitbang PUPR dengan arsitektur yang tetap memperhatikan kearifan lokal,” tutur Danis.

Mengenai banyak pihak yang juga ingin berkontribusi dalam perbaikan rumah dan bantuan lainnya, Danis H. Sumadilaga mengatakan sesuai dengan hasil musyawarah, akan dikoordinasikan oleh Pemerintah Kabupaten.

Sementara itu Bupati Lombok Utara H. Najmul Ahyar mengatakan tanah yang akan disiapkan Pemda sekitar 500 meter persegi.

“Kami sudah melihat tanahnya, posisinya cukup bagus yang berlokasi masih disekitar sini,” kata Najmul Ahyar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com