3 Panduan Mudah Memilih Warna Pintu Depan Rumah - Kompas.com

3 Panduan Mudah Memilih Warna Pintu Depan Rumah

Kompas.com - 11/07/2018, 18:00 WIB
Ilustrasi membuat eksterior rumah lebih menarik. Daripada hanya membuat interior rumah istimewa, sesekali buat juga eksterior rumah Anda lebih menarik.Domaine Ilustrasi membuat eksterior rumah lebih menarik. Daripada hanya membuat interior rumah istimewa, sesekali buat juga eksterior rumah Anda lebih menarik.

KOMPAS.com - Selain warna kayu, pernahkah Anda mencoba memberikan warna lain pada pintu depan rumah?

Pintu masuk rumah adalah salah satu hal yang pertama kali dilihat. Warna, gaya, dan kondisinya mencakup sebagian besar dari bagaimana sebuah hunian dilihat dari luar.

Warna lain pada pintu selain memberikan suasana baru pada eksterior rumah, juga akan memberikan kejutan bagi tamu yang berkunjung.

Warna kuning misalnya akan membuat, rumah terlihat lebih cerah. Apalagi jika cat atau perabot rumah didominasi warna-warna suram.

Anda juga bisa memberikan warna hitam pada pintu rumah. Warna ini akan terlihat serasi jika dipadukan dengan hampir semua warna, sehingga membuatnya menajadi lebih mudah diaplikasikan.

Meski memberikan warna-warna tertentu pada pintu akan memberi kesan tersendiri bagi rumah, Anda juga perlu memperhatikan panduan dalam memilih warna dan dekorasi pintu, seperti:

Mengetahui sedikit pengetahuan tentang warna

Memilih warna tak semudah yang terlihat. Anda harus memadukan beragam warna agar tak terkesan norak.

Namun jika memilih warna ini membuat Anda kebingungan, salah satu cara yang tepat untuk memulai adalah dengan menggunakan alat bantu yang bernama, color wheel atau roda warna untuk memilih kombinasi warna.

Color wheel merupakan alat yang tepat untuk memadukan warna. Ada enam teori yang digunakan, yakni monokromatik, analog, komplementer, paduan tiga warna, kompleks, dan komplementer terpecah tunggal.

Di dalam roda warna teori komplementer, terdapat 12 warna. Dari 12 warna ini, jika ingin memadupadan dua warna, Anda hanya perlu melihat warna yang saling berseberangan. Di dalam roda warna teori komplementer, terdapat 12 warna. Dari 12 warna ini, jika ingin memadupadan dua warna, Anda hanya perlu melihat warna yang saling berseberangan.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Pada teori komplementer, Anda cukup memilih paduan warna yang berseberangan dengan warna yang diinginkan.

Pada teori Analog, kombinasi warna yang digunakan adalah tiga warna yang letaknya berdekatan.

Sedangkan warna monokromatik hanya menggunakan warna dasar, dengan warna variasi atau turunannya. Misal warna hijau, maka padukan dengan warna hijau daun, lime green, dan yang lainnya.

Memiliki sedikit pengetahuan tentang warna akan memudahkan Anda dalam memilih suasana yang yang sesuai untuk pintu dan dekorasi eksterior.

Pertimbangkan tampilan sekitar

Meski ada beberapa aturan yang diterapkan dalam pemilihan warna, gaya dan desain rumah merupakan hal yang harus diperhatikan dalam memilih warna pintu.

Jika rumah Anda memiliki tema Mediterania, maka warna yang sesuai adalah warna turquoise atau biru telur asin.

Sama halnya jika tembok eksterior rumah menggunakan aksen bata merah, maka warna pintu juga harus menyesuaikan.

Apabila rumah memiliki desain bergaya Victoria, maka jangan memadukannya dengan pintu berwarna hitam pekat.

Uji coba warna pada intensitas cahaya yang berbeda

Pada akhirnya rumah menerminkan kepribadian penghuninya. Sama seperti memilih desain yang sesuai untuk ruangan, memilih pintu rumah juga bisa disesuaikan dengan kepribadian si pemilik rumah.

Warna pintu rumah bisa diuji coba pada intensitas cahaya yang berbeda-beda, apakah warna tersebut akan terlihat cerah, kuat, atau malah terlihat gelap dan suram.

Hal ini diperlukan karena warna untuk eksterior rumah akan terlihat memudar ketika sudah diaplikasikan pada bangunan. Warna kuning cerah misalnya, bisa terlihat lebih pucat ketika diaplikasikan pada eksterior.

Setiap warna memiliki kepribadian dan akan memancarkan kesan yang beragam. Pertimbangkan gaya, dan kesan yang akan ditonjolkan dari luar rumah. Jangan lupa untuk memilih jenis cat yang sesuai dengan bahan pintu.



Close Ads X