Seperti Tanpa Jendela dan Pintu, Bangunan Ini Diselimuti 546 Sapu Ijuk - Kompas.com

Seperti Tanpa Jendela dan Pintu, Bangunan Ini Diselimuti 546 Sapu Ijuk

Kompas.com - 23/01/2018, 16:40 WIB
Struktur surealis yang disebut Mission Control yang sepenuhnya dibalut bulu coklat dari sapu.Inhabitat Struktur surealis yang disebut Mission Control yang sepenuhnya dibalut bulu coklat dari sapu.

KOMPAS.com - Saat ini, semakin banyak arsitektur yang tidak biasa, salah satunya bangunan "berbulu" di Inggris.

Biro arsitektur 2hD Architecture Workshop yang berbasis di Inggris merancang struktur surealis yang disebut "Mission Control" yang sepenuhnya dibalut bulu coklat dari sapu.

Selain itu, tampaknya bangunan ini secara misterius tidak memiliki satu pun daun pintu atau jendela.

Dibuat sebagai kantor mikro dan tempat untuk konsentrasi, ruang kerja yang terletak di taman Nottingham digambarkan oleh para arsitek sebagai latihan teleportasi.

Bangunan ini dirancang untuk mengalihkan pekerja dari kesibukan sehari-hari ke dunia lain, yang tenang, sepi, dan fokus.

Dibangun untuk mengganti gudang dengan ukuran yang sama, Mission Control dibangun sebagai perluasan ruang kerja mandiri dari kantor pusat 2hD.

Berbeda dengan lingkungan kantor kolaboratif, Mission Control berfungsi sebagai ruang isolasi untuk para pekerja agar terus berkonsentrasi.

Struktur surealis yang disebut Mission Control yang sepenuhnya dibalut bulu coklat dari sapu.inhabitat Struktur surealis yang disebut Mission Control yang sepenuhnya dibalut bulu coklat dari sapu.
Arsitek menggambarkan perjalanan singkat dari kantor pusat ke kantor mikro baru yang berjarak 4 meter, sebagai "perjalanan seremonial" penting untuk meninggalkan gangguan dan masuk ke lingkungan yang mendukung pola pikir kerja.

"Kami membangun struktur yang dirancang khusus ini sebagai antitesis dari ruang kontemplasi dengan pemandangan lansekap dan mengalir di dalam dan luar ruang," kata arsitek tersebut.

Sapu dariserat kelapa alami yang saling terikat sebanyak 546 buah menutupi fasad luar dari ruang seluas 7 meter persegi dan menciptakan permukaan yang mulus secara visual dengan pintu tersembunyi.

Eksterior "berbulu" menutupi struktur dengan atap miring yang dibuat dari polikarbonat dan dilengkapi jendela sebagai jalan cahaya alami dan udara masuk.

Di dalam, kayu lapis yang dicat putih melapisi dinding dan langit-langit yang dibungkus dengan wol domba sebagai isolasi. 


EditorHilda B Alexander
SumberInhabitat
Komentar
Close Ads X