Forest Green Rover, Stadion Pertama yang Terbuat dari Kayu - Kompas.com

Forest Green Rover, Stadion Pertama yang Terbuat dari Kayu

Kompas.com - 02/07/2018, 14:30 WIB
Forest Green Rover Eco Park Stadium, stadion yang akan dibangun dengan bahan kayu. Design by Zaha Hadid Architect with Patrick SchumacherZaha Hadid Architect Forest Green Rover Eco Park Stadium, stadion yang akan dibangun dengan bahan kayu. Design by Zaha Hadid Architect with Patrick Schumacher

KOMPAS.com - Mengusung konsep ramah lingkungan, stadion Forest Green Rover Eco Park akan menjadi yang pertama dibangun dengan bahan dasar kayu. 

Forest Green Rover Eco Park rencananya dibangun di Stroud, Gloucestershire, Inggris, dan bakal menjadi rumah bagi tim sepak bola Forest Green Rovers FC (FGRFC).

Forest Green Rover didesain oleh firma arsitektur Zaha Hadid. Daya tampung stadion ini 5.000 penonton, dengan kapasitas yang bisa diperbesar menjadi 10.000 orang tanpa harus mengubah struktur utama.

Rancangan ini merupakan pemenang dari kompetisi yang diadakan oleh Ecotricity, perusahaan energi ramah lingkungan yang berasal dari Stroud, Glouchestershire.

Pengembang mengajukan proyek ini pada Januari 2016 dan sedianya, konstruksi dimulai pada tahun 2017.

Namun pada September 2017, pihak Ecotricity mengumumkan revisi desain karena ada penundaan saat proses perencanaan.

Melansir laman Gloucestershire Live, pembangunan akan dimulai kembali pada tahun ini.

Forest Green Rover Eco Park merupakan salah satu bagian dari proyek Eco Park yang diusulkan oleh Ecotricity.

Proyek ini dapat menyerap 4.000 tenaga kerja dan menambah pendapatan sebesar 300 juta poundsterling.

Forest Green Rover Eco Park Stadium, stadion yang akan dibangun dengan bahan kayu. Design by Zaha Hadid Architect with Patrick SchumacherZaha Hadid Architect Forest Green Rover Eco Park Stadium, stadion yang akan dibangun dengan bahan kayu. Design by Zaha Hadid Architect with Patrick Schumacher
Menggunakan material kayu

Tempat ini akan menjadi stadion pertama yang dibangun menggunakan material kayu, seperti struktur utama, atap, tiang penyangga atap dan pada bagian cladding.

Cladding merupakan pengaplikasian material bangunan di atas material utama. Dalam dunia konstruksi, cladding digunakan untuk mengurangi panas.

Dan agar bangunan tahan terhadap cuaca, bahkan cladding juga sering digunakan sekaligus sebagai penghias eksterior pada bangunan.

Pemilihan material kayu pada desain stadion ini, karena merupakan bahan alam dan rendah karbon. Selain itu, kayu merupakan material yang terhitung sangat awet, dapat didaur ulang, dan juga bisa mempercantik ruangan.

Penggunaan kayu pada desain stadion ini juga termasuk tempat duduk penonton, yang pada stadion lain biasanya terbuat dari beton atau logam.

Bagian atap stadion akan dilapisi dengan selaput transparan. Selaput ini akan membantu pertumbuhan rumput dan mengurangi bayangan dari sinar matahari saat para pemain bertanding.

Selain itu lapisan transparan ini juga akan membuat stadion terlihat dari kejauhan.

Lapangan stadion sendiri didesain khusus agar terlihat dari berbagai sudut tribun penonton.



Close Ads X