Pengembang Menilai Integrasi Tol JORR Berdampak Positif Bagi Properti

Kompas.com - 02/07/2018, 13:30 WIB
Ilustrasi apartemen. vkyrylIlustrasi apartemen.

JAKARTA, KOMPAS.com -  Integrasi tarif Tol Jakarta Outer Ring Road ( JORR) dinilai dapat mendorong pertumbuhan industri properti yang kini tengah lesu. Kelancaran arus transportasi dapat meningkatkan minat konsumen dalam membeli produk properti.

“Peningkatan kelancaran jalan tol merupakan langkah positif yang patut diapresiasi dan didukung. (Kelancaran transportasi) tentu saja mendorong penjualan properti,” ujar Direktur Utama PT PP Properti Tbk, Taufik Hidayat, kepada Kompas.com, Senin (2/7/2018).

Dia mengatakan, khusus pelaku bisnis properti, kelancaran arus transportasi merupakan salah satu faktor positif.

Baca juga: Catat, Tarif Baru Tol JORR Berlaku Awal Juli

Untuk itu, adanya upaya-upaya pemerintah guna memperlancar arus transportasi dengan cara pengembangan angkutan transportasi massal seperti mass rapid transit (MRT), light rail transit (LRT), busway, tol laut hingga jalan tol, patut diapresiasi dan didukung.

Di Jakarta dan sekitarnya yang terhubung JORR, PP Properti saat ini sedang menggarap dua proyek apartemen dengan kapasitas ribuan unit.

Satu proyek berada di Depok, yakni Evencio dan satu proyek di Tangerang Selatan, The Ayoma. Tol JORR menghubungkan Jakarta dengan kawasan penyangga seperti Depok, Bekasi, dan Tangerang.

Kebijakan integrasi transaksi tol JORR ini merupakan tahapan untuk menuju transaksi tol menerus atau multi lane free flow (MLFF) yang diberlakukan pada 2019.

Integrasi pada intinya adalah untuk peningkatan layanan melalui penyederhanaan sistem transaksi dengan tarif tunggal.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa integrasi tol JORR utamanya bertujuan meningkatkan standar pelayanan jalan tol seperti kemantapan jalan, kecepatan waktu tempuh dan antrean transaksi tol.

Transaksi tol setelah integrasi menjadi sistem terbuka yang memungkinkan pengguna tol hanya melakukan satu kali transaksi.

Saat ini, pengguna tol harus melakukan 2-3 kali transaksi untuk menggunakan tol JORR sepanjang 76,43 kilometer yang terdiri dari 4 ruas tol dan dikelola oleh badan usaha jalan tol (BUJT) berbeda.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X