Tujuh Ruas Tol Bakal Diresmikan hingga Akhir 2018

Kompas.com - 25/06/2018, 21:31 WIB
Pekerja mengerjakan pembatas jalan pada ruas Tol Pejagan-Pemalang di Tegal, Jawa Tengah, Jumat (18/5). ANTARA FOTO/Hafidz MubarakPekerja mengerjakan pembatas jalan pada ruas Tol Pejagan-Pemalang di Tegal, Jawa Tengah, Jumat (18/5).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sampai akhir tahun 2018 mendatang, pemerintah menargetkan dapat meresmikan tujuh ruas tol yang telah selesai pekerjaan konstruksinya.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengungkapkan, tiga ruas dia ntaranya yaitu Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT), Tol Pejagan-Pemalang dan Tol Kartasura-Sragen 35 kilometer.

Untuk Tol MKTT, ruas yang akan diresmikan yakni Seksi I Simpang Susun Tanjung Morawa-Simpang Susun Parbarakan sepanjang 10,75 kilometer. Seksi tersebut sebelumnya dibuka fungsional saat musim mudik Lebaran 2018.

Baca juga: Lebaran Tahun Ini, Pemudik Bisa Lintasi Tol Wilangan-Kertosono

Adapun lima seksi lainnya yakni Seksi II-VI ruas Kualanamu-Sei Rampah sepanjang 42 kilometer telah diresmikan sebelumnya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Oktober 2017 lalu.

Sementara itu, untuk Tol Pejagan-Pemalang yang akan diresmikan yaitu Seksi 3-4 Brebes Timur-Pemalang sepanjang 37,3 kilometer.

Ruas tol ini sebelumnya juga telah dibuka fungsional selama pelaksanaan musim Lebaran 2018.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tinggal nunggu waktu. Tapi secara proyek sudah siap," kata Herry di Mabes Polri, Senin (25/6/2018).

Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), Minggu (8/4/2018).Waskita Karya Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), Minggu (8/4/2018).
Adapun tiga ruas lain yang juga akan diresmikan yakni Tol Depok-Antasari (Desari) Seksi I Antasari-Brigif sepanjang 5,8 kilometer, Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi I Ciawi-Cigombong sepanjang 15,3 kilometer, dan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi II Jalan Raya Bogor-Kukusan sepanjang 5,5 kilometer.

"Juli ya biasanya. Depok-Antasari nanti kita cek kesiapan nya. Translingkar Kita Jaya-Cijago (TLKJ) kemungkinan. Terus Ciawi-Sukabumi jadinya kan Julinya nanti kita cek kesiapannya terus lah," ujarnya.

Sementara itu, AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru menambahkan, Tol Wilangan-Kertosono yang menjadi bagian dari Tol Ngawi-Kertosono juga ditargetkan rampung akhir tahun ini.

Dengan tambahan tersebut, maka jumlah tol yang akan diresmikan hingga akhir tahun ada tujuh ruas.

Meski demikian, untuk jadwal terdekat, menurut Heru, Tol Sragen-Kartasura ah yang akan diresmikan dalam waktu dekat ini.

"Peresmian pertama, kemudian Agustus-September peresmian selanjutnya. Jadwal nanti Pak Menteri saja," tutup Heru.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X