Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar Terbaru, Progres Pembangunan Tol Trans-Jawa

Kompas.com - 23/06/2018, 14:22 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – “Kami mohon dengan hormat Bapak Presiden untuk dapat meresmikan ruas Tol Gempol-Rembang-Pasuruan sepanjang 20,5 kilometer ini.”

Demikian kalimat terakhir dari sambutan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebelum Jalan Tol Rembang-Pasuruan diresmikan Presiden Joko Widodo, Jumat (22/6/2018) di Pasuruan, Jawa Timur.

Sebelum seremoni peresmian, Basuki menjelaskan perkembangan pembangunan sejumlah jalan tol yang menjadi bagian dari jaringan Jalan Tol Trans-Jawa.

Dia menuturkan, Tol Trans-Jawa yang menghubungkan Merak di Banten sampai ke Pasuruan di Jawa Timur terbentang sepanjang 920 kilometer.

Dari panjang total itu, yang sudah digunakan untuk arus mudik dan balik Lebaran 2018 sepanjang 760 kilometer, terdiri dari 525 kilometer tol operasional dan 235 kilometer tol fungsional.

Basuki juga menjelaskan tentang rencana penyelesaian sejumlah ruas tol sampai akhir tahun ini.

“Mulai dari Pejagan ke Pemalang 43 kilometer, progresnya 100 persen, siap beroperasi pada Juni 2018. Peresmiannya menunggu waktu Bapak Presiden,” ucapnya.

Kemudian, Tol Pemalang-Batang sejauh 33 kilometer, perkembangannya sudah 72 persen dan siap diresmikan pada November 2018.

Tol Batang-Semarang sepanjang 74 kilometer, kemajuannya 78 persen dan siap beroperasi pada November mendatang.

Baca juga: Diawali Basmalah, Jokowi Resmikan Tol Rembang-Pasuruan

Peresmian Jalan Tol Rembang-Pasuruan yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (22/6/2018) di Pasuruan, Jawa Timur.KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Peresmian Jalan Tol Rembang-Pasuruan yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (22/6/2018) di Pasuruan, Jawa Timur.

“Berikutnya, Tol Salatiga-Kertosono sejauh 32 kilometer yang sekarang terkenal dengan Jembatan Kali Kenteng progresnya 70 persen dan siap beroperasi pada Oktober 2018,” imbuh Basuki.

Selanjutnya, Tol Kartasura-Sragen berjarak 36 kilometer, pengerjaannya sudah 100 persen dan siap diresmikan pada Juni atau Juli ini.

Baca juga: Mengenal Basuki, Sosok Daendels Zaman Modern

Diikuti dengan Tol Sragen-Ngawi sepanjang 51 kilometer, perkembangannya 96 persen dan siap diresmikan pada September nanti.

Lalu, Wilangan-Kertosono sebagai sambungan dari Ngawi-Wilangan pembangunannya mencapai 70 persen dan siap diresmikan pada Desember 2018.

Terakhir, Tol Porong-Gempol yang siap diresmikan pada September mendatang.

“Dengan doa para alim ulama dan masyarakat sekalian, Tol Trans-Jawa akan siap dioperasikan pada akhir 2018 ini,” tutur Basuki mengakhiri laporannya.

Saksikan video reportase perjalanan mudik Tim Merapah Trans Jawa berikut ini:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com