Semalam di Ruas Kertosono-Madiun, Antrean Mencapai 2,5 Kilometer

Kompas.com - 17/06/2018, 13:31 WIB
Antrean kendaraan terpantau di Tol Ngawi-Kertosono pada Sabtu (16/6/2018) malam. Dokumentasi PT Jasamarga Ngawi Kertosono KediriAntrean kendaraan terpantau di Tol Ngawi-Kertosono pada Sabtu (16/6/2018) malam.

NGAWI, KOMPAS.com - Sebanyak 27.000 kendaraan melintasi Tol Ngawi-Kertosono pada H+2 Lebaran atau Sabtu (16/6/2018). Kepadatan terjadi hingga malam menjelang.

Direktur Utama PT Jasamarga Ngawi Kertosono Iwan Moedyarno mengungkapkan lonjakan volume kendaraan terjadi di antara ruas Kertosono-Madiun.

"Kondisi kepadatannya luar biasa," ujar Iwan mendeskripsikan kondisi lalu lintas saat itu kepada Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com.

Baca juga: Jalur Pantura, Jejak Daendles yang Kalah Pamor dari Tol Trans Jawa

Dia menuturkan, antrean panjang kendaraan terjadi setelah gerbang tol (GT) Wilangan pada pukul 17.00 WIB. Hal ini disebabkan jalan nasional yang macet sehingga antrean kendaraan sempat mengular sepanjang 2,5 kilometer.

Kemacetan semakin parah dengan banyaknya persimpangan jalan kereta api yang frekuensinya bertambah sebagai dampak kebijakan penambahan angkutan Lebaran 2018.

PT Jasamarga Ngawi Kertosono dan Polda Jawa Timur bersama dengan Polres Nganjuk serta Polres Madiun berupaya mengurai kemacetan dengan menerapkan kebijakan buka tutup.

Tercatat 27.000 kendaraan melintasi Jalan Tol Ngawi-Kertosono pada Sabtu (16/6/2018).Dokumentasi PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri Tercatat 27.000 kendaraan melintasi Jalan Tol Ngawi-Kertosono pada Sabtu (16/6/2018).
"Kendaraan dialihkan keluar di GT Caruban dan mengawal masuk ke jalur fungsional untuk keluar di IC Nganjuk," terang Iwan.

Kondisi lalu lintas baru kembali normal mendekati tengah malam. Secara umum, semua kondisi semalam bisa diatasi dengan baik dan lancar berkat koordinasi dengan berbagai pihat terkait.

Hal serupa juga terus diupayakan untuk arus balik hari ini, Minggu (17/6/2018). 

Iwan mengatakan arus balik di Tol Ngawi-Kertosono dibuka sejak pukul 07.20 WIB, dengan dominasi kendaraan menuju arah timur.

"Antrean kendaraan jelang GT masih 500 meter-600 meter. Normal," tuntas Iwan.

Saksikan video reportase perjalanan mudik Tim Merapah Trans Jawa berikut ini:

Kompas Video Tim Merapah Trans-Jawa 3 Kompas.com melanjutkan perjalanan dari Solo sampai Pasuruan. Perjalanan kali ini Tim dibekali sepasang Cross Over Datsun Cross.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X