Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semalam di Ruas Kertosono-Madiun, Antrean Mencapai 2,5 Kilometer

Kompas.com - 17/06/2018, 13:31 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NGAWI, KOMPAS.com - Sebanyak 27.000 kendaraan melintasi Tol Ngawi-Kertosono pada H+2 Lebaran atau Sabtu (16/6/2018). Kepadatan terjadi hingga malam menjelang.

Direktur Utama PT Jasamarga Ngawi Kertosono Iwan Moedyarno mengungkapkan lonjakan volume kendaraan terjadi di antara ruas Kertosono-Madiun.

"Kondisi kepadatannya luar biasa," ujar Iwan mendeskripsikan kondisi lalu lintas saat itu kepada Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com.

Baca juga: Jalur Pantura, Jejak Daendles yang Kalah Pamor dari Tol Trans Jawa

Dia menuturkan, antrean panjang kendaraan terjadi setelah gerbang tol (GT) Wilangan pada pukul 17.00 WIB. Hal ini disebabkan jalan nasional yang macet sehingga antrean kendaraan sempat mengular sepanjang 2,5 kilometer.

Kemacetan semakin parah dengan banyaknya persimpangan jalan kereta api yang frekuensinya bertambah sebagai dampak kebijakan penambahan angkutan Lebaran 2018.

PT Jasamarga Ngawi Kertosono dan Polda Jawa Timur bersama dengan Polres Nganjuk serta Polres Madiun berupaya mengurai kemacetan dengan menerapkan kebijakan buka tutup.

Tercatat 27.000 kendaraan melintasi Jalan Tol Ngawi-Kertosono pada Sabtu (16/6/2018).Dokumentasi PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri Tercatat 27.000 kendaraan melintasi Jalan Tol Ngawi-Kertosono pada Sabtu (16/6/2018).
"Kendaraan dialihkan keluar di GT Caruban dan mengawal masuk ke jalur fungsional untuk keluar di IC Nganjuk," terang Iwan.

Kondisi lalu lintas baru kembali normal mendekati tengah malam. Secara umum, semua kondisi semalam bisa diatasi dengan baik dan lancar berkat koordinasi dengan berbagai pihat terkait.

Hal serupa juga terus diupayakan untuk arus balik hari ini, Minggu (17/6/2018). 

Iwan mengatakan arus balik di Tol Ngawi-Kertosono dibuka sejak pukul 07.20 WIB, dengan dominasi kendaraan menuju arah timur.

"Antrean kendaraan jelang GT masih 500 meter-600 meter. Normal," tuntas Iwan.

Saksikan video reportase perjalanan mudik Tim Merapah Trans Jawa berikut ini:

Kompas Video Tim Merapah Trans-Jawa 3 Kompas.com melanjutkan perjalanan dari Solo sampai Pasuruan. Perjalanan kali ini Tim dibekali sepasang Cross Over Datsun Cross.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com