Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mordovia Arena, Stadion Piala Dunia 2018 dengan Rasa Lokal

Kompas.com - 16/06/2018, 22:40 WIB
Erwin Hutapea

Penulis

Sumber Moresports

KOMPAS.comMordovia Arena. Begitulah nama yang disematkan pada salah satu stadion yang menjadi tempat penyelenggaraan empat pertandingan babak penyisihan dalam perhelatan Piala Dunia 2018 di Rusia.

Bisa dibilang, stadion sepak bola ini kental hubungannya dengan kehidupan Mordvines, salah satu kelompok penduduk asli di pedalaman Rusia. Hal itu bisa dilihat dari asal mula pembangunan stadion ini.

Sebagaimana dipublikasikan Moresports, inspirasi desainnya yaitu dari matahari yang menjadi simbol paling penting dari mitos dan legenda kuno orang-orang Mordvines.

Stadion ini dirancang berbentuk oval. Ragam warnanya yang terang memadukan antara oranye, merah, dan putih. Ini juga sebagai penghormatan terhadap seni dan kerajinan orisinal Mordovia.

Mordovia Arena yang terletak di kota Saransk.Moresports Mordovia Arena yang terletak di kota Saransk.

Pembangunan Mordovia Arena yang dimulai pada tahun 2010 pun sebagai bentuk peringatan ulang tahun ke-1.000 penyatuan orang-orang Mordovia dengan kelompok etnis Rusia lainnya.

Wajar bila gelanggang sepak bola tersebut dianggap memiliki relasi erat dengan budaya lokal.

Baca juga: Fisht, Stadion Unik Piala Dunia 2018 di Antara Gunung dan Laut

Mordovia Arena terletak di pusat kota Saransk dan bisa dijangkau hanya dengan berjalan kaki dari sarana transportasi umum kota. Lokasinya terletak di pusat kota, tepatnya di tepi Sungai Insar.

Menurut sejarahnya, Saransk merupakan kota yang didirikan sebagai pos terdepan di perbatasan tenggara Rusia.

Mordovia Arena yang terletak di kota Saransk, Rusia.Moresports Mordovia Arena yang terletak di kota Saransk, Rusia.

Setelah Piala Dunia 2018, beberapa struktur yang sifatnya sementara dari bangunan stadion berkapasitas hingga 44.000 kursi ini akan dibongkar sehingga daya tampungnya menurun menjadi 25.000 kursi.

Ini akan membuat Mordovia Arena menjadi lebih efektif. Sementara area selebihnya bisa digunakan untuk lapangan bola voli indoor, lapangan basket dan tenis, serta pusat kebugaran. Kelak, stadion ini akan menjadi markas FC Mordovia Saransk, klub sepak bola setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Moresports
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com