Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Ikonik Kalikuto Siap Difungsikan Rabu Siang Ini

Kompas.com - 13/06/2018, 09:42 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BATANG, KOMPAS.com — Jembatan Kalikuto yang selama ini dianggap sebagai titik kritis Jalan Tol Batang-Semarang siap difungsikan pada Rabu (13/6/2018) siang ini sekitar pukul 13.00 WIB.

Direktur Utama PT Jasamarga Semarang Batang Arie Irianto mengungkapkan hal tersebut kepada Tim Merapah Trans-Jawa Kompas.com, Rabu (13/6/2018).

Baca juga: Merapah Trans-Jawa, Pulang ke Kampung Indonesia

"Yang akan memfungsikan nanti Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Rencana awalnya akan difungsikan sore, namun karena tak ingin mengganggu arus mudik, jadi dimajukan jadwalnya," terang Arie.

Informasi serupa dikatakan Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S Atmawdijaya. 

Foto udara proses pembangunan konstruksi Jembatan Kalikuto di ruas tol fungsional Batang-Semarang, Jawa Tengah, Selasa (12/6/2018). Jembatan Kali Kuto ditargetkan untuk digunakan pada H-2 lebaran dan merupakan jembatan pelengkung pertama di Indonesia, bahkan di dunia, yang perakitannya dilakukan di lokasi.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Foto udara proses pembangunan konstruksi Jembatan Kalikuto di ruas tol fungsional Batang-Semarang, Jawa Tengah, Selasa (12/6/2018). Jembatan Kali Kuto ditargetkan untuk digunakan pada H-2 lebaran dan merupakan jembatan pelengkung pertama di Indonesia, bahkan di dunia, yang perakitannya dilakukan di lokasi.
Menurut dia, jembatan pelengkung yang akan ditahbiskan sebagai ikon Kabupaten Batang dan Kendal ini difungsikan Rabu ini.

"Bahasanya resmi difungsikan," kata Endra, Selasa (12/6/2018) malam.

Dengan difungsikannya Jembatan kalikuto ini, pemudik dengan tujuan Semarang, Solo, Surabaya, dan sekitarnya tidak harus keluar di pintu keluarGrinsing.

Kapasitas berkurang

Arie menjelaskan, meski secara struktur aman untuk dilintasi, kapasitas jembatan berbobot 2.400 ton ini berkurang.

Awalnya, kapasitas jembatan yang dijanjikan dapat dilalui pemudik adalah satu jalur dua lajur,  tetai kini satu jalur satu lajur.

"Kami jamin aman dilintasi, hanya berkurang kapasitasnya," ujar Arie.

Secara umum, arus mudik pada Selasa (12/6/2018) kemarin terjadi peningkatan volume kendaraan di jalan tol sepanjang 75 kilometer ini.

Kendaraan pemudik melintasi di ruas tol fungsional Batang-Semarang, Jawa Tengah, Selasa (12/6/2018). Kenaikan volume kendaraan mengakibatkan antrean sepanjang 1 kilometer jelang exit toll Grinsing dan adanya pembangunan Jembatan Kalikuto dan dijadwalkan baru akan selesai pada H-2 lebaran.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Kendaraan pemudik melintasi di ruas tol fungsional Batang-Semarang, Jawa Tengah, Selasa (12/6/2018). Kenaikan volume kendaraan mengakibatkan antrean sepanjang 1 kilometer jelang exit toll Grinsing dan adanya pembangunan Jembatan Kalikuto dan dijadwalkan baru akan selesai pada H-2 lebaran.
Arie menyebutnya sebagai gelombang puncak arus mudik kedua setelah Sabtu (9/6/2018).

"Banyak karyawan swasta yang memulai perjalanan mudiknya kemarin. Namun, volume kepadatan masih di bawah Sabtu lalu," ujarnya.

Saksikan video reportase perjalanan mudik Tim Merapah Trans-Jawa berikut ini:

Kompas Video Tim Merapah Trans-Jawa 3 Kompas.com menelusur hingga ruas terakhir Tol Trans-Jawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com