Aturan Baru di "Rest Area", Jasa Marga Terapkan Sistem "Zoning"

Kompas.com - 31/05/2018, 13:30 WIB
PT Jasa Marga (Persero) Tbk memastikan kesiapan rest area melayani pada arus mudik dan balik tahun ini. Dokumentasi PT Jasa Marga (Persero) TbkPT Jasa Marga (Persero) Tbk memastikan kesiapan rest area melayani pada arus mudik dan balik tahun ini.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melakukan berbagai persiapan melalui strategi agar pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2018 berlangsung lancar, termasuk imbauan kepada pengguna jalan tol.

Salah satunya yaitu dengan mempersiapkan sarana dan prasarana yang ada di rest area di setiap jalan tol. Aturan baru yang akan diterapkan di rest area yaitu sistem zoning atau manajemen lalu lintas.

Nantinya kendaraan yang masuk ke rest area akan langsung dipisah sesuai keperluan masing-masing, yaitu yang akan mengisi BBM, ke toilet, beribadah, dan ke area belanja serta makan dan minum.

Baca juga: Diskon Tarif Tol Jasa Marga Akan Berlaku 4 Hari

Hal ini dilakukan agar antrean kendaraan tidak memanjang hingga keluar dari rest area.

“Kami menerapkan sistem zoning agar kepadatan di dalam rest area bisa berkurang. Kami optimalkan juga kapasitas parkir dengan tidak menambah area komersial di area parkir," ujar Direktur Operasi II PT Jasa Marga (Persero) Subakti Syukur di Cikarang Utama, Kamis (31/5/2018).

Salah satu rest area yang diprediksi padat kendaraan dari tahun ke tahun yaitu di KM 207 ruas Tol Palimanan-Kanci.

Penerapan sistem zoning di sini untuk mencegah kepadatan kendaraan yang masuk.

Selain itu, Jasa Marga juga akan menambah toilet, mushala, dan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) portabel agar bisa mengurangi antrean panjang yang terjadi pada tahun sebelumnya.

Mengenai keamanan di rest area, Jasa Marga juga telah menyiapkan sistem monitoring lalu lintas, penghitungan daya tampung parkir, serta pengawasan menggunakan CCTV Vehicle Counting dan CCTV Surveillance yang dapat mengetahui jumlah dan jenis kendaraan yang masuk dan keluar dari rest area.

KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMO Infografik Top up E-Toll

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X