Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diskon Tarif Tol Jasa Marga Akan Berlaku 4 Hari

Kompas.com - 31/05/2018, 12:31 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Jasa Marga (Persero) Tbk berencana menerapkan diskon tarif jalan tol kepada pengguna jalan dalam rangka arus mudik dan arus balik Lebaran 2018.

Usulan soal tarif diskon itu sudah diajukan ke pemerintah dan saat ini sedang dibahas.

"Hari ini Jasa Marga sedang mengajukan ke pemerintah soal diskon tarif tol 10 persen," ujar Direktur Operasi II PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur di kantor Jasa Marga di Cikarang Utama, Kamis (31/5/2018).

Dia mengatakan, jika disetujui, diskon itu akan diberlakukan dua hari sebelum dan dua hari sesudah Lebaran 2018, tepatnya tanggal 13 dan 14 Juni 2018 serta 18 dan 19 Juni 2018.

Baca juga: Antisipasi Macet di Area Istirahat, Jasa Marga Pasang RAMS

Nantinya diskon itu diberlakukan di semua ruas jalan tol di bawah pengelolaan Jasa Marga.

Sehubungan dengan arus mudik, Subakti memberikan beberapa imbauan kepada masyarakat.

Pertama agar mempersiapkan kendaraannya, antara lain mengisi penuh bahan bakar mobilnya supaya saat dalam perjalanan nanti tidak kehabisan bensin di tengah jalan tol.

Mengenai pengisian bahan bakar minyak (BBM), pihaknya akan membatasi setiap mobil dengan jatah sekian liter. Jumlahnya sudah ditentukan, tetapi akan diinformasikan lebih lanjut. 

"Jatahnya sudah ditetapkan dan akan diumumkan lebih lanjut. Kami sediakan juga yang saset atau mobile supaya lebih fleksibel," imbuhnya.

Kemudian, memastikan bahwa kartu tol elektroniknya memiliki saldo yang mencukupi untuk bisa dipakai di semua gerbang tol yang akan dilewati.

Dia juga memprediksi jumlah kendaraan saat puncak arus mudik nanti di atas 110.000 kendaraan.

"Pada saat puncak mudik nanti, terdapat sekitar 112.000 kendaraan. Jadi dalam 1 jam ada 10.000 sampai 11.000 kendaraan," ucap Subakti.

KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMO Infografik Top up E-Toll

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com