Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Tol, Jakarta-Tegal Hanya 4 Jam

Kompas.com - 25/05/2018, 22:05 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Uji laik fungsi dan operasi terhadap Seksi 3 dan 4 Tol Pejagan-Pemalang saat ini tengah dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan, serta Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

Diharapkan dua seksi terakhir yang menghubungkan Brebes Timur hingga Pemalang sepanjang 37,3 kilometer itu bisa dioperasikan guna mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2018 nanti.

Baca juga: Menelusuri Tol Jakarta-Cikampek, Pengendali Kemacetan Trans Jawa

Saat ini, baru dua seksi pertama yang telah beroperasi dari jalan tol yang dikelola anak usaha PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Pejagan Pemalang Toll Road itu. Keduanya menghubungkan ruas Pejagan hingga Brebes Timur sepanjang 20,2 kilometer.

Kompas.com  menyusuri salah satu ruas terpenting dalam jaringan Tol Trans Jawa itu, pada Jumat (25/5/2018).

Seperti diketahui, Gerbang Tol (GT) Brebes Timur sempat menyita perhatian publik dua tahun lalu. Kepadatan arus lalu lintas di jalan nasional pantai utara Pulau Jawa, menyebabkan kemacetan parah menjelang GT Brebes Timur atau yang lebih dikenal Brexit tersebut.

Akibat kelelahan yang tak bisa terelakkan, beberapa orang dilaporkan meninggal dunia di jalan tol saat itu. 

Kali ini, Kompas.com berangkat dari Jakarta sekitar pukul 10.23 WIB. Tim sempat beristirahat selama satu jam pada pukul 12.00 WIB di KM 57 Tol Jakarta-Cikampek.

Perjalanan kembali dilanjutkan sekitar pukul 13.00 WIB. Tercatat, ada sekitar empat ruas tol yang harus dilewati sebelum akhirnya mencapai Brebes Timur.

Setelah Tol Jakarta-Cikampek sepanjang 75 kilometer, dilanjutkan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) sepanjang 116 kilometer dan Tol Palimanan-Kanci (Palikanci) sepanjang 26 kilometer.

Kemudian, perjalanan kembali dilanjutkan melewati Tol Kanci-Pejagan sejauh 35 kilometer dan diakhiri dengan ruas Tol Pejagan-Pemalang.

Tepat sekitar pukul 15.28 WIB tim melintasi GT Brebes Timur. Artinya, bila dipangkas dengan waktu istirahat, waktu tempuh Jakarta hingga Tegal hanya 4 jam dalam kondisi lalu lintas lancar.

Adapun untuk tarif yang harus dikeluarkan yaitu sebesar Rp 173.000. Rinciannya, Rp 15.000 untuk Tol Jakarta-Cikampek, Ro 102.000 untuk Tol Cipali, dan Rp 12.000 untuk Tol Palikanci.

Dua ruas terakhir yaitu Tol Kanci-Pejagan Rp 24.000 dan sebagian ruas Tol Pejagan-Pemalang Rp 20.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com