Lirik Properti, Pelindo III Bangun “Eco Green and Smart Building”

Kompas.com - 19/05/2018, 15:19 WIB
Desain gedung Pelindo Place yang berlokasi di Jalan Perak Timur, Surabaya. Gedung itu dibangun oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero). Dokumentasi PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)Desain gedung Pelindo Place yang berlokasi di Jalan Perak Timur, Surabaya. Gedung itu dibangun oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero).

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) memulai ekspansi bisnisnya di sektor properti.

Hal itu ditandai dengan pembangunan gedung Pelindo Place yang dimulai pada April 2018. Gedung ini menempati area di Jalan Perak Timur, Surabaya.

VP Corporate Communication PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Lia Indi Agustiana menuturkan, lokasi tersebut dipilih karena banyaknya kantor dan perusahaan yang ada di wilayah Pelabuhan Tanjung Perak.

“Semangatnya adalah mengoptimalkan wilayah pelabuhan serta menghadirkan sistem layanan kepelabuhanan maupun kegiatan transaksi lainnya secara terpadu dan terpusat di satu gedung,” kata Lia Indi Agustiana kepada Kompas.com, Sabtu (19/5/2018).

Desain gedung Pelindo Place yang berlokasi di Jalan Perak Timur, Surabaya. Gedung itu dibangun oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero).Dokumentasi PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Desain gedung Pelindo Place yang berlokasi di Jalan Perak Timur, Surabaya. Gedung itu dibangun oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero).
Lia melanjutkan, konsep Pelindo Place adalah eco green and smart building. Strukturnya nanti dilapisi kaca ganda atau double glass yang berfungsi untuk mengurangi panasnya cahaya matahari dari luar gedung.

Kemudian, di bagian luar gedung parkir dimaksimalkan untuk menambah area hijau dengan membuat taman vertikal dan menjadikan penanda baru di sekitar area pelabuhan.

Sementara, resapan air hujan akan dimanfaatkan untuk menyiram tanaman dan membilas toilet.

“Untuk aksesibilitas ruangan bisa dilakukan melalui smartphone. Desain lansekapnya juga efektif dan menggunakan tanaman lokal,” ucap Lia.

Selain itu, ada pula penggunaan tenaga surya melalui panel yang ditempatkan di tiang penerangan jalan umum (PJU) di sekitar area gedung.

Menurut rencana, pembangunan gedung ini selesai pada akhir 2019 dan diperkirakan bisa beroperasi pada awal 2020.

Adapun kontraktor yang diajak kerja sama untuk membangun gedung tersebut yaitu PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (Wika Gedung).

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X