Kompas.com - 14/05/2018, 08:07 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana membangun 4.550 rumah khusus (Rusus) tahun ini.

Rusus dibangun untuk guru, tenaga medis, daerah tertinggal, masyarakat nelayan, dan pemuka agama yang berada di daerah tertinggal, pulau terluar, dan perbatasan negara.

Sepanjang 2015-2017, Kementerian PUPR telah membangun sebanyak 17.491 Rusus. Pembangunan rumah untuk rakyat merupakan bagian dari Program Satu Juta Rumah.

Presiden RI Joko Widodo telah mengunjungi salah satu lokasi Rusus untuk para nelayan di Pangandaran, Jawa Barat pada 24 Maret 2018 lalu.

(Baca: Presiden Jokowi Tinjau 204 Rumah Nelayan di Pangandaran)

Wahidin, salah satu nelayan Pangandaran, mengatakan rumah khusus bagi nelayan layak untuk dihuni.

Sebelum menempati Rusus, Wahidin tinggal di rumah adat bersama keluarga besarnya.

Dengan adanya program pembangunan rumah bagi nelayan, Wahidin bisa mengajak isteri dan anak-anaknya tinggal di rumah sendiri.

“Dulu kan tempat tinggal cuma satu kamar, sedangkan keluarga saya kan banyak. Sekarang alhamdulilah sudah ada bantuan rumah dari Pemerintah Presiden Jokowi melalui Kementerian PUPR,” katanya.

(Baca: Pemerintah Optimistis Satu Juta Rumah Terbangun Tahun Ini)

Rumah bagi para nelayan Pangandaran itu memiliki dua kamar. Para nelayan mendapatkan rumah permanen yang letaknya dekat dengan pantai itu secara cuma-cuma.

Ono Mugiono, nelayan Pangandaran, mengaku tidak membayar serupiah pun untuk mendapatkan Rusus tersebut.

"Gratis, tidak membayar apa pun, tidak ada target," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.