Menjulang 392 Meter, China Resources Headquarters Segera Dibuka - Kompas.com

Menjulang 392 Meter, China Resources Headquarters Segera Dibuka

Kompas.com - 01/05/2018, 20:00 WIB
China Resources Headquarters merupakan gedung rancangan Kohn Pedersen Fox yang berketinggian 392,5 meter di Kota Shenzhen, China.CTBUH Global News Archive China Resources Headquarters merupakan gedung rancangan Kohn Pedersen Fox yang berketinggian 392,5 meter di Kota Shenzhen, China.

KOMPAS.com - Pembangunan gedung China Resources Headquarters di Shenzhen, China, hampir selesai.

Menurut rencana, pembukaan gedung pencakar langit yang dirancang oleh Kohn Pedersen Fox (KPF) ini akan dilakukan pada tahun 2018.

Gedung yang menjulang setinggi 392,5 meter dan terdiri dari 67 lantai ini akan menjadi bangunan tertinggi ketiga di Shenzhen.

Dalam bahasa lokal, gedung ini disebut sebagai "Spring Bamboo" karena bentuknya mirip seperti bentuk bambu.

Keberadaannya akan menambah pencakar langit di Shenzhen yang baru saja selesai, yaitu Ping An Finance Center.

Gedung yang juga dirancang oleh Kohn Pedersen Fox itu berketinggian 599 meter dan kini menjadi gedung tertinggi keempat di dunia.

Baca juga: Ping An Finance Center, Gedung Tertinggi Keempat di Dunia

Saat ini, bagian luar  China Resources Headquarters sedang ditutup karena masih berlangsungnya pengerjaan interior gedung. 

Di bagian luarnya, menara ini dilapisi dengan 59 kolom baja ramping yang membuat gedung ini lebih terasa vertikalitasnya.

Di bagian bawah dan atas, kolom tersebut bertemu dan saling menyilang untuk membentuk pola diagrid. Hal itu mirip seperti gedung Gherkin di London.

"Gedung China Resources Headquarters merupakan ikon vertikal terkini di Shenzhen. Ini sebagai simbol perkembangan budaya dengan bentuknya yang runcing, diagrid, dan beragam manfaat untuk penggunanya dan masyarakat secara umum," demikian pernyataan dari KPF.

Di puncak bangunan terdapat ruang terbuka setinggi 68,4 meter, di mana orang bisa melihat pemandangan kota dengan leluasa.

Lokasi gedung ini berada di Teluk Shenzhen di bagian barat kota, berdekatan dengan kompleks olahraga Shenzhen di area bisnis yang baru dibuka.

Taman seluas 2.000 meter persegi yang akan diisi toko-toko tersedia di bagian belakang bangunan. Selain itu, ada pula museum seluas 3.000 meter persegi, ruang pertunjukan, dan auditorium.

Baca juga: Salip Shanghai, Shenzhen Termahal di Tiongkok


Komentar
Close Ads X