Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investasi Properti Pengusaha China di AS Anjlok 55 Persen

Kompas.com - 04/04/2018, 07:52 WIB
Arimbi Ramadhiani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Investasi pengusaha asal China di bisnis properti komersial Amerika Serikat (AS) pada 2017 anjlok sekitar 55 persen.

Laporan Investigasi Modal Masuk China-AS 2017 dari Cushman & Wakefield memperkirakan ada penurunan sebesar 7,3 miliar dollar AS (Rp 100,3 triliun) pada 2017 dari 16,2 miliar dollar (Rp 222 triliun) pada 2016.

Riset konsultan tersebut mengatakan, kemerosotan terjadi sebagian besar karena merupakan hasil dari kontrol modal dan peraturan yang lebih ketat dari Pemerintah China.

Kepala riset pasar modal Cushman & Wakefield David Bitner mengatakan, kontrol ini dilakukan untuk mengatur dan mengelola arus investasi keluar.

"Saya pikir investasi China umumnya memfokuskan kembali minat mereka ke jenis investasi lain, seperti infrastruktur dan R & D (penelitian dan pengembangan)," ujar wakil presiden intelijen bisnis di broker real estat Pacific Union International Inc. Selma Hepp.

Senada dengan Hepp, Bitner juga mengatakan tahun ini investasi pengusaha China di Amerika Serikat akan fokus pada properti industri, infrastruktur, dan fasilitas penelitian dan pengembangan.

Dia mengatakan kontrol modal China akan terus menjadi faktor dalam investasi mancanegara pada 2018.

Secara keseluruhan, China jatuh ke posisi ketiga dalam total investasi asing Amerika Serikat di belakang Kanada dan Singapura. Bitner mengatakan sumber modal lain masuk untuk mengisi kekosongan.

"Modal dari Kanada, Singapura, Jepang dan Korea Selatan datang ke pasar AS," kata Bitner.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com