Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Bagi-bagi 1.500 Lentera Tenaga Surya di Flores

Kompas.com - 25/04/2018, 18:00 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

LARANTUKA, KOMPAS.com - Samsung Elektronik Indonesia mendonasikan 1.500 lentera tenaga surya kepada warga di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Bantuan itu diberikan kepada warga di Pulau Solor, Kabupaten Flores Timur yang selama ini belum mendapatkan akses listrik dan penerangan.

Vice President Samsung Electronics Indonesia Kanghyun Lee mengatakan, donasi lentera tenaga surya itu sebagai bentuk komitmen untuk membawa kebahagiaan bagi masyarakat Indonesia.

"Tahun ini, kami kembali memberikan 3.000 lentera tenaga surya bagi warga di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur dan Kabupaten Flores Timur, NTT, yang belum maksimal mendapatkan akses listrik secara merata," ucap Lee, Rabu (25/4/2018).

Menurut Lee, lentera yang diberikan mudah digunakan, tidak memerlukan listrik maupun pemeliharaan yang rumit, sehingga dapat mendukung produktivitas pada malam hari, serta interaksi antar anggota keluarga yang lebih berkualitas.

Lee menyebut, pemberian lentera tenaga surya ini dalam rangka mendukung Hari Bumi 2018 yang diperingati setiap tanggal 22 April.

Mekanismenya, cukup dipaparkan menghadap matahari secara langsung selama 10 jam, untuk mendapatkan energi penuh dan memberikan penerangan selama 12 jam.

Ada tiga moda pencahayaan yang dapat dipilih yaitu terang, sangat terang dan berkedip, sehingga bisa disesuaikan kebutuhan pemakai.

Lentera ini juga dapat dilipat dan mudah disimpan, bisa digantungkan atau dibawa sambil berjalan.

"Di Samsung, kami tidak hanya membuat produk dan layanan, namun juga berkontribusi dalam menciptakan masyarakat dunia yang lebih baik di manapun Samsung beroperasi," imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Flores Timur Antonius Gege Hajon berterima kasih dengan bantuan lampu lentera itu, yang menurutnya sangat tepat dengan kebutuhan masyarakat Flores Timur.

"Dengan memanfaatkan lentera tenaga surya pemberian Samsung, anak-anak dapat belajar di malam hari dan para perempuan dapat menyelesaikan pesanan produk anyaman dan tenunan dengan cepat dan lebih banyak," tutup Antonius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com