Sandiaga Ingatkan Konsultan Utamakan Keselamatan Kerja Konstruksi

Kompas.com - 21/04/2018, 20:00 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno saat membuka Musyawarah Provinsi Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO), Kamis (19/4/2018).INKINDO Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno saat membuka Musyawarah Provinsi Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO), Kamis (19/4/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) menyelenggarakan musyawarah provinsi untuk memilih ketua tingkat DPP Provinsi DKI Jakarta.

Pembukaan musyawarah ini dibuka langsung oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno.

Sandiaga mengharapkan konsultan-konsultan jasa konstruksi dan pembangunan juga mengutamakan keselamatan kerja dan kesehatan ketimbang pencapaian target semata.

"Yang menjadi keutamaan adalah kesehatan dan keselamatan kerja dan itu diberikan target. Tapi, jangan target kejar tayang, karena akan memberatkan para kontraktor," jelas Sandiaga melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (21/4/2018).

Ia menuturkan, jika proyek terselesaikan dengan terburu-buru dan mengabaikan standar keselamatan, maka akan banyak korban yang berjatuhan.

Sandiaga menyebut saat ini Pemprov DKI sudah menerapkan sejumlah kemudahan untuk mendorong pertumbuhan bisnis dan ekonomi di Jakarta.

Sandiaga mengatakan, anggota Inkindo bisa bekerja sama dan bermitra dengan Pemrov DKI.

"Konsultan yang tergabung di Inkindo DKI harus terlibat mendorong perbaikan ekonomi di Jakarta. Misalnya, dengan terlibat dalam proyek perumahan DP 0 persen," kata Sandiaga.

Nantinya, lanjut dia, akan ada 20 persen rumah DP 0 persen dibangun oleh Pemprov DKI, sementara sisanya sebesar 80 persen dibangun oleh pihak swasta dengan sumber dana dari APBD DKI.

Sandiaga mengingatkan, konsultan konstruksi juga wajib memprioritaskan rancangan pembangunan yang ramah lingkungan.

Ketua Dewan Pengurus DPP Inkindo DKI Jakarta Peter Frans menyatakan siap bersinergi dengan Pemprov DKI dalam rangka pemenuhan sejumlah proyek pembangunan di ibu kota.

"Membangun bangsa memang harus dari membangun konsultan, dan bersinergi dengan Inkindo DKI, dan ada sinerfi Pemda dengan kami guna menindaklanjuti program yang sudah dilakukan," ujar Peter.

Ia juga mengatakan kesiapan Inkindo untuk selalu bermitra dengan Pemrov DKI dan kemitraan dapat terus dilaksanakan oleh Ketua Umum DPP Inkindo yang baru terpilih nantinya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X