Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Rp 200 Juta, Rumah Berteknologi Panel Surya Dibangun AKI Grup

Kompas.com - 09/04/2018, 14:16 WIB
M Latief

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Anugerah Kasih Investama (AKI) Group bersiap mengembangkan perumahan yang memakai teknologi panel surya atau solar panel. Dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sebagai sumber energi ini AKI berharap bisa menghemat tagihan listrik hingga 60 persen.

"Kami memang ingin mengembangkan rumah yang bisa memanfatkan cahaya matahari sebagai sumber energi yang dapat dikonversi menjadi tenaga listrik. Ini langkah awal untuk mengembangkan rumah berkonsep listrik mandiri. Targetnya bisa mengurangi pemakaian listrik dari PLN sampai 60 persen," ujar Chief executive Officer (CEO) dan pendiri AKI Group, Victor Wirawan, Minggu (8/4/2018).

Berdasarkan penelitian Asosiasi Energi Surya Indonesia, lanjut Victor, panel surya berkapasitas 1 kWp dapat menghasilkan listrik selama 8 jam dari pukul 08.00 sampai 16.00 dan total yang dihasilkan kurang lebih 3,5 kWh dengan intensitas sinar matahari di Jakarta.

Karena itulah, konsumsi listrik dari PLN berkurang 3,5 kWh per hari atau setara dengan Rp 5.000 (tarif listrik PLN Rp 1.400/kWh).

"Artinya, dalam sebulan tagihan listrik bisa berkurang Rp 150.000," kata Victor.

Padahal, menurut dia, Indonesia adalah negara berpotensi energi matahari sangat besar sepanjang tahun. Berdasarkan data Kementerian ESDM, potensi energi surya di Indonesia sekitar 4,8 kWh/m2 atau setara dengan 112.000 GWp. Namun, yang sudah dimanfaatkan baru sekitar 10 MWp, padahal Indonesia bisa memanfaatkan potensi besar itu.

Victor menambahkan, nantinya energi yang dihasilkan panel surya ini dapat langsung digunakan ke dalam beban dan selebihnya disalurkan ke dalam jaringan PLN. Dengan begitu penghuni rumah bisa menekan biaya listrik PLN atau bahkan dibayar oleh PLN untuk setiap listrik yang disuplai ke jaringan PLN.

Untuk proyek awal pemakaian solar panel ini, lanjut Victor, AKI Group akan mengembangkan klaster Almanda Residence di dekat Stasiun Kereta Tigaraksa, Tangerang, yang berjarak sekitar 150 meter. Untuk harga awal, pengembang ini akan merilis harga mulai Rp 200 juta per unit mulai tipe 5x12 m2 sampai 8x12 m2.

"Kami buat rumah modern minimalis yang dikelilinginya penuh area hijau. Kami yakin bisa dijangkau 50 menit dari Jakarta ini. Luasnya sekitar 7 hektar," ujar Victor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com