Kompas.com - 05/04/2018, 15:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Para pelaku usaha pusat perbelanjaan konvensional harus memutar otak agar bisnis mereka tetap moncer tahun ini. Gempuran bisnis perbelanjaan daring atau e-commerce makin agresif tahun ini.

Setelah Matahari dan Debenhams yang menutup beberapa toko fisik mereka, menurut Colliers International Indonesia, menyusul peritel luar negeri yang juga bakal hengkang tahun ini. Seperti Clarks, Banana Republic, Gap, dan New Look.

Baca juga : Peritel Makanan Makin Agresif, Gilas Peran Department Store di Mal

“Mal harus lebih dinamis untuk menghadapi persaingan dengan online shop,” kata Senior Associate Director Research Colliers International Indonesia Ferry Salanto di Jakarta, Rabu (4/4/2018).

Salah satu langkah yang bisa dilakukan yakni dengan lebih sering mengganti penyewa mereka, khususnya untuk mal kelas mengengah ke bawah. Pusat perbelanjaan segmen inilah yang menurut Colliers paling merasakan dampak e-commerce.

Menurut Ferry, ada tendensi bahwa yang paling sering bertransaksi dengan online shop yaitu kelompok masyarakat ini.

Baca juga : Online Shopping Makin Marak, Sejumlah Merek Asing Bakal Hengkang

Selain memanfaatkan kemudahan bertransaksi, mereka juga mencari produk dengan harga yang jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan berbelanja di pusat perbelanjaan modern.

“Pergantian penyewa harus dilakukan berkala. Tidak bisa gitu-gitu aja karena pasti ditinggalkan,” kata Ferry.

Di samping itu, pengelola pusat perbelanjaan harus bisa memberikan pengalaman lebih kepada masyarakat yang berkunjung, yang tidak bisa mereka dapatkan dari online shop.

“Mal itu harus bisa menjadi tempat berkumpulnya komunitas. Hal itulah yang dilakukan co-working space,” tuntas Ferry.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.