Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Online Shopping" Makin Marak, Sejumlah Merek Asing Bakal Hengkang

Kompas.com - 05/04/2018, 14:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Dampak persaingan antara bisnis belanja daring atau e-commerce dengan ritel konvensional masih akan berlanjut pada tahun ini. Terutama, hal itu akan dirasakan mal kelas menengah ke bawah.

Senior Associate Director Research Colliers International Indonesia Ferry Salanto mengatakan, perusahaan e-commerce banyak menyasar kalangan menengah ke bawah lantaran merekalah pengguna paling aktif yang bertransaksi secara daring.

Baca juga: Tak Cuma Wifi, Pusat Belanja Terkini Mesti Instagrammable

Di samping adanya kemudahan yang ditawarkan pada saat berbelanja, barang yang diperjualbelikan pun relatif lebih murah dibandingkan dengan yang ditawarkan di pusat perbelanjaan fisik.

Beberapa peritel luar diprediksi bakal hengkang dari sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta pada tahun ini, seperti Clarks, Banana Republic, Gap, dan New Look.

“Sebenarnya pengaruh itu sudah mulai kelihatan sejak tahun lalu. Seperti Matahari, Debenhams, mulai tutup,” katanya di Jakarta, Rabu (4/4/2018).

Situasi pusat belanja Solo Square pukul 10.30 WIB, Selassa (5/7/2016).Sigit P Sarwanto Situasi pusat belanja Solo Square pukul 10.30 WIB, Selassa (5/7/2016).
Meski demikian, sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia, Indonesia masih dianggap memiliki potensi bagi peritel luar negeri. Hal ini setidaknya terlihat dari rencana ekspansi merek asal Jepang, Miniso.

Baca juga: Ruang Kosong Pusat Belanja di Jakarta Bertambah

Ritel yang bergerak di sektor penyediaan barang kebutuhan rumah tangga dengan harga terjangkau itu berencana membuka 100 toko sepanjang tahun ini.

Selain itu, ada juga Lulu Group, ritel asal Abu Dhabi yang berencana membuka 10 gerai baru pada 2019 setelah membuka dua toko pada tahun lalu.

“Mal kelas atas di Bodetabek dapat menjadi alternatif mereka dengan semakin terbatasnya ruang besar di mal kelas atas di Jakarta. Masyarakat di Karawaci, Depok, dan Serpong mulai semakin sadar untuk lifestyle dan kondisi ini dapat menjadi pasar potensial bagi para retailer,” ttur Ferry 

Untuk tahun ini, ia menambahkan, hanya ada satu pusat perbelanjaan yang akan dirilis, yaitu New Harco Plaza. Berlokasi di kawasan Glodok, Jakarta Barat, mal yang dibangun Agung Podomoro Land itu akan menyumbang sekitar 60.000 meter persegi.

Sementara di sekitar Jakarta, ada Galeria Vivo Sentul dan AEON Mall Sentul City yang masing-masing akan menyumbang luas 35.000 meter persegi dan 71.000 meter persegi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com