Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisnis Hotel di Bali Masih Menjanjikan

Kompas.com - 10/03/2018, 17:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

TABANAN, KOMPAS.com - Bisnis perhotelan atau fasilitas akomodasi di Bali, dinilai masih sangat menjanjikan dengan tingkat hunian rata-rata pada angka stabil 50-60 persen.

Dus, hingga saat ini pun Pulau Dewata masih menjadi destinasi wisata nomor satu dunia versi Traveler's Choice Awards 2017 yang digelar TripAdvisor.

Baca juga : Jumeirah Bakal Hadir di Bali Kuartal IV-2018

Oleh karena itulah, menyediakan hotel merupakan salah satu strategi Ciputra Group sebagai trigger atau pemantik dalam pengembangan mixed use Ciputra Beach Resort, di Kabupaten Tabanan, Bali.

Associate Director Ciputra Beach Resort Bali Helen hamzah menuturkan, di kawasan seluas 80 hektar tersebut, tak hanya dikembangkan hunian, melainkan juga hotel berkonsep resor dan vila.

"Kami menggandeng Rosewood, nama besar di sektor perhotelan dengan klasifikasi mewah," kata Helen menjawab Kompas.com, Rabu (6/3/2018).

Helen menuturkan, Rosewood Hotels and Resorts ini akan dibangun sebanyak 80 suites dan 40 vila dengan masing-masing punya keunikan yang berbeda.

Saat ini, aku Helen, Rosewood Hotels and Resorts tengah dalam tahap pematangan desain. Begitu desain final selesai, akan dilanjutkan dengan tahap pembangunan.

Menurut dia, nama besar rantai operator global ini sedikit banyak memengaruhi konsumen dan investor dalam keputusan membeli hunian Ciputra Beach Resort baik klaster Sadana maupun Nivata.

Baca juga : Bisnis Properti Pulih, Ciputra Beach Resort Bali Terjual 70 Persen

Tak hanya Rosewood Hotels and Resorts, Ciputra juga akan menggandeng nama besar lain yang lebih menyasar genre milenial.

"Keputusannya nanti dalam pengembangan Ciputra Beach Resort Tahap II," tambah Helen.

Kehadiran Rosewood Hotels and Resorts akan meramaikan kompetisi bisnis perhotelan di Bali. Menurut catatan Colliers International Indonesia, per akhir 2017 saja terdapat 10 hotel baru yang beroperasi dengan jumlah kamar 1.402 unit.

Angka itu tidak termasuk hotel yang masih berupa proyek atau dalam proses konstruksi namun dijadwalkan dibuka tahun ini seperti Springhill Villas & Resort at Jimbaran Hijau, The Himana-Mercure Bali Jimbaran, The Element Ubud, Jumeirah, Renaissance Bali Resort & Spa Uluwatu dan @HOM Jimbaran.

"Sementara jika dikalkulasi hingga tahun 2019 mendatang, terdapat 40 hotel baru dengan total 7.154 kamar yang dibuka untuk menyambut turis yang datang ke Bali," kata Senior Associate Director Research Colliers International Ferry Salanto.

Di antara jumlah tersebut, satu merupakan hotel bintang tiga yakni Fairfield Hotel dengan jumlah kamar 223 unit. Hotel ini direncanakan beroperasi tahun 2018 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com