Mengintip Interior Rumah Kopassus yang Tahan Gempa, Anti Rayap dan Api

Kompas.com - 06/03/2018, 21:49 WIB
Rumah Conwood di Mako Group 1 Kopassus, Serang, Banten yang dibuat tanpa material kayu. Kompas.com / Dani PrabowoRumah Conwood di Mako Group 1 Kopassus, Serang, Banten yang dibuat tanpa material kayu.

SERANG, KOMPAS.com - PT Conwood Indonesia bekerja sama dengan Group 1 Kopassus mengembangkan Rumah Conwood.

Rumah yang diklaim tahan gempa hingga kekuatan Magnitudo 6,5 ini telah dibangun di Markas Komando Group 1 Kopassus, Serang, Banten.

Baca juga : Rumah Kopassus Ini Dibangun Hanya 7 Hari

Lantas, seperti apa bentuk bangunan rumah tersebut?

Kompas.com berkesempatan melihat langsung rumah yang telah rampung dibangun sejak sebulan lalu itu, Selasa (6/3/2018). Sebenarnya, cetakan rumah yang ditawarkan Conwood adalah untuk hunian tipe 36.

Area ruang tamu dan ruang makan yang dipisahkan dengan kursi.Kompas.com / Dani Prabowo Area ruang tamu dan ruang makan yang dipisahkan dengan kursi.
Namun, secara khusus anak usaha dari Siam City Cement Group (SCCG), mendesain hunian bagi Kopassus itu dengan tipe 45. Hal ini untuk menyesuaikan dengan bentuk hunian lain dengan tipe yang sama di Mako Group 1 Kopassus.

Terbuat dari bahan 70 persen semen dan 30 persen serat selulosa, bangunan itu dilengkapi dua kamar tidur.

Kamar tidur utama yang berada di sisi depan berukuran sedikit luas dibandingkan kamar kedua yang terletak tepat di sampingnya.

Ruang tidur utama yang berada di bagian depan.Kompas.com / Dani Prabowo Ruang tidur utama yang berada di bagian depan.
Selain itu, juga terdapat ruang tamu yang bisa difungsikan sebagai ruang keluarga. Area ruang makan hanya dipisahkan kursi dan sofa.

Sementara itu, posisi dapur terpisah dari ruang utama, tepatnya berada di sisi belakang. Demikian halnya untuk toilet yang berada di luar area hunian utama.

Wakil Komandan Batalyon 11 Group 1 Kopassus Mayor Infanteri M Syaifuddin Fanany mengatakan, rumah ini diperuntukkan bagi anggota Kopassus yang hendak menikah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X