Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wakanda Black Panther, Konsep Perkotaan Ideal Masa Depan

Kompas.com - 05/03/2018, 22:00 WIB
Arimbi Ramadhiani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Black Panther terus memburu rekor box office yang pada akhir pekan pembukaannya berhasil meraup 242,1 juta dollar (Rp 3,3 triliun) merupakan perolehan tertinggi kedua sepanjang masa.

Film ini juga menjadi salah satu karya sci-fi paling banyak dibicarakan di kalangan urbanis dan perencana kota.

"Mungkin tidak ada film yang banyak membahas dalam konteks pembuatan kota utopis atau dystopian selain Blade Runner pada 1982," kata urbanis dan mantan kepala perancang Vancouver, Brent Toderian.

Masih dibicarakan beberapa dekade kemudian, Blade Runner bukanlah visi positif Los Angeles.

Meski demikian Blade Runner menjadi konsep yang menarik, dan menjadi kisah peringatan, sekaligus juga obrolan yang menyenangkan.

"Saya rasa Wakanda Black Panther bisa menjadi percakapan baru," tutur Toderian.

Banyak rumor sejak  film ini beredar antara lain seputar Wakanda, sebuah negeri fiksi di Afrika Timur, yang menjadi kenyataan.

Wakanda dalam film Black PantherNull Wakanda dalam film Black Panther
Jelas, sebuah kerajaan seperti Wakanda yang diperintah oleh seorang raja yang memiliki kekuatan super tidak akan muncul di mana pun.

Namun para urbanis dan ahli perencana kota sepakat bahwa beberapa desain dan infrastruktur tempat fiksi ini memiliki kemungkinan untuk muncul di kehidupan nyata.

Di ibu kota Wakanda, misalnya, pejalan kaki berjalan di sepanjang jalur yang dipenuhi perdagangan  bebas mobil kecuali sesekali kemunculan angkutan mirip bus berukuran kecil.

Ini sangat mirip dengan Woonerf Concept, sebuah pendekatan terhadap desain ruang publik yang dimulai di Belanda pada 1970-an.

"Gagasan bahwa jalan-jalan di kota-kota harus terutama ditujukan untuk pejalan kaki," kata Yonah Freemark, seorang mahasiswa PhD dalam perencanaan kota di MIT yang mengelola situs transit The Transport Politic.

Freemark menambahkan, Wakanda mengilhami baik arsitek atau perencana kota untuk berpikir secara berbeda tentang apa yang diinginkan agar ruang publik terlihat seperti itu.

Ia pun berpikir sangat mungkin untuk memiliki jalan-jalan di Amerika Serikat yang terlihat seperti di Wakanda pada masa depan.

"Mungkin bukan kereta maglev yang ada di Black Panther, tapi Anda pasti bisa melihat jalan-jalan semakin memusat pada orang daripada mobil. Jalan-jalan di mana orang bisa berjalan di tengah mereka tanpa takut ditabrak (kendaraan)," tutur Freemark.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com