Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejahatan Berkembang, Polri Dalami "Smart Security" Perkotaan

Kompas.com - 19/09/2017, 17:30 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

TANGERANG, KompasProperti - Kota yang semakin berkembang, menyisakan masalah yang kian kompleks. Tantangan utama yang menjadi isu global antara lain adalah pertumbuhan penduduk yang sangat cepat.

Dengan bertumbuhnya penduduk, persaingan untuk mendapat ruang hidup menjadi lebih ketat, sehingga mendorong perilaku sosial tak biasa. Termasuk kejahatan, dan tindak-tindak lain kriminalitas.

"Tren sekarang sudah bergeser ke kejahatan yang menggunakan teknologi," ujar Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Kombes Polisi Agung Setya Imam Effendi saat diskusi Smart Security/Safety pada Indonesia Future City (IFC) di Indonesia Convention and Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Selasa (19/9/2017).

Agung menuturkan, di kota yang semakin penuh permasalahan yang dihadapi juga semakin rumit. Sementara penyelesaian masalah pun tidak bisa disamakan dengan yang ada di daerah atau desa.

Untuk mengatasi atau mencegah pelaku kejahatan memanfaatkan teknologi dan merugikan orang lain, Agung mengatakan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) harus selangkah lebih maju menjadi lebih modern.

Karena itu, saat ini Polri tengah mendalami smart security yang kelak diharapkan dapat membantu mencegah, dan sekaligus memberi solusi mengatasi kejahatan dan tindak kriminalitas lainnya.

"Sekarang anggaran yang paling besar adalah untuk memperbarui atau mengadakan perangkat. Itu yang ingin menjawab bagaimana memodernkan polisi," tutur Agung.

Sebagai contoh, imbuh dia, Polri kini memperbanyak mobil SIM keliling untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Selain itu, Agung bercerita saat bertugas di Bengkulu, hampir seluruh mobil patroli dipasang global positioning system (GPS). Dengan demikian, ia bisa memantau ke mana saja anak buahnya di lapangan dan apakah mereka menjalankan tugas yang diberikan.

Perkembangan zaman memaksa Polri untuk tidak tertinggal. Terlebih lagi, generasi milenial sudah terbiasa dengan sesuatu yang ringkas dan sederhana.

"Kalau bisa jangan terlalu formal, misalnya ada kejadian harus lapor, isi form, belum kalau mesin ketik rusak," sebut Agung.

Dengan demikian, lanjut dia, Polri juga dituntut untuk memantau media sosial jika ada keluhan masyarakat yang disampaikan misalnya melalui akun Facebook atau Twitter.

Menurut dia, Polri selalu terbuka dengan kritik dan saran dari masyarakat untuk lebih jauh lagi dapat melayani di bidang keamanan.

"Kami berharap polisi berada dalam sistem yang modern. Jangan tinggalkan kami dalam pembangunan apa pun, baik itu kota atau kawasan karena tugas kami melayani," jelas Agung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com