Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunakan Soda, Kloset Anda Bersih dalam Sekejap

Kompas.com - 04/03/2018, 13:22 WIB
Hilda B Alexander

Editor

Sumber Houzz.com

KOMPAS.com - Sudah berapa ratus ribu rupiah yang Anda habiskan untuk membersihkan kamar mandi, terutama kloset?

Padahal, hanya dengan bahan-bahan yang tersedia di dapur, Anda justru dapat menekan biaya ratusan ribu itu untuk membuat kamar mandi sekaligus klosetnya kembali kinclong dalam sekejap.

Baca juga : Begini, Interior yang Cocok Buat Apartemen 19 Meter Persegi

Bahan-bahan harian dapur itu bisa Anda gunakan untuk membersihkan noda membandel, baik pada kloset maupun saniter lainnya.

Cobalah ambil satu kaleng soda rasa kola untuk menghilangkannya. Tuangkan satu kaleng penuh soda tersebut ke dalam kloset. Pastikan dinding-dinding kloset juga terkena soda.

Biarkan air soda tersebut melapisi "mangkuk" kloset selama satu jam. Asam yang terkandung dalam soda kola mampu menguraikan noda tersebut selama satu jam.

Setelah itu, gosok kloset dengan sikat khusus dan guyur (flush) dengan air. Kloset pun kembali berwarna cerah tanpa noda seperti sebelumnya.

Noda juga bisa terjadi akibat penumpukan mineral pada kloset Anda. Gunakan cuka putih untuk membersihkannya.

Rendam kertas tisu pada cuka putih dan letakkan kertas tisu basah tersebut pada permukaan tumpukan mineral. Biarkan kertas tisu tersebut diam di sana sepanjang malam dan guyur keesokan paginya.

Cara yang jauh lebih mudah bisa Anda terapkan untuk menyelesaikan masalah kloset mampet. Anda hanya perlu mendidihkan air dan mengguyurnya langsung pada lubang kloset. Tanpa perlu berbagai bahan kimia berbahaya, masalah Anda bisa diselesaikan.

Selain itu, kloset Anda juga bisa terancam dengan adanya karat pada sekrup yang ada pada dudukan kloset.

Untuk menghindari adanya karat, Anda bisa mengaplikasikan pewarna kuku (kuteks) pada permukaan sekrup.

Pastikan saja pewarna kuku tersebut sudah kering sebelum Anda menggunakan kloset. Namun, jika karat sudah telanjur "menyerang" kloset, Anda bisa menggunakan batu apung untuk membersihkannya.

Pastikan batu apung dan kloset dalam keadaan basah. Bila tidak, kloset yang terbuat dari porselen bisa tergores.

Jika ingin membuat porselen Anda lebih mengilap, gunakan saja baby oil. Tuangkan beberapa tetes baby oil pada kain bersih, kemudian seka kloset porselen hingga kering dan mengilap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Houzz.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com