Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah 77 Persen, Begini Penampakan Bendungan Sei Gong

Kompas.com - 02/03/2018, 19:30 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Bendungan Sei Gong yang tengah dibangun pemerintah di Kota Batam, Kepulauan Riau, merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

Bendungan yang konstruksinya kini telah mencapai 77 persen ini, ditargetkan rampung dan siap untuk diairi pada Agustus 2018.

Saat mengunjungi lokasi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan, kehadiran bendungan ini ditunggu masyarakat.

Pasalnya, sumber air baku Kota Batam yang dipasok dari tujuh waduk dan satu embung yang ada belum cukup memenuhi kebutuhan yang ada.

"Ini (daerah) kepulauan, jadi kita memaksimalkan potensi air. Seperti Duriangkang itu estuari dam pertama yang kita bangun, itu bersih. Ini juga sama di muara Sei Gong," kata Basuki di Batam, Jumat (2/3/2018).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat mendengarkan paparan terkait progres pekerjaan Bendungan Sei Gong, Jumat (2/3/2018).Kompas.com / Dani Prabowo Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat mendengarkan paparan terkait progres pekerjaan Bendungan Sei Gong, Jumat (2/3/2018).

Seiring pertumbuhan jumlah penduduk, diperkirakan kebutuhan air baku masyarakat pada 2020 mencapai 4.500 liter per detik. Sementara, saat ini masih ada kekurangan sekitar 750 liter per detik.

Adapun kapasitas air baku yang bisa dialirkan dari bendungan ini mencapai 400 liter per detik. Itu artinya, hanya tersisa 350 liter per detik yang harus dipenuhi pemerintah.

"Kalau kebutuhan batam tidak kita siapkan tampungan-tampungan air ini, tahun 2020 Batam bisa kekurangan air," ujarnya.

Sementara itu, pantauan di lokasi, sejumlah alat berat dikerahkan untuk membentuk saluran serta pondasi bendungan. Di samping itu, pekerjaan peninggian struktur saluran pelimpah pun masih terus dilakukan.

Bendungan Sei GongKompas.com / Dani Prabowo Bendungan Sei Gong
Sejauh ini, tinggi struktur pelimpah baru mencapai enam meter. Ditargetkan pada saat bendungan ini rampung, tingginya bisa mencapai 12 meter.

"Jadi kira-kira kurang 6 meter. Ini sudah 77 persen. Kita rencanakan Insya Allah bisa selesai Agustus," sebut Basuki.

Sekadar informasi, pekerjaan bendungan ini telah dimulai pada akhir 2015 lalu. Bendungan yang menelan investasi Rp 238,44 miliar ini memiliki luas genangan 355,99 hektar dan kapasitas tampung 11,8 juta meter kubik.

Bendungan Sei GongKompas.com / Dani Prabowo Bendungan Sei Gong

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com