Pemerintah Minta Kontraktor Bekerja Sesuai Kemampuan

Kompas.com - 01/03/2018, 08:00 WIB
Pemasangan box girder terakhir proyek Tol BORR IIB. Jasa MargaPemasangan box girder terakhir proyek Tol BORR IIB.

JAKARTA, KOMPAS.com - Komite Keselamatan Konstruksi (Komite K2) telah mengeluarkan hasil evaluasi terkait maraknya kecelakaan kerja pada proyek infraatruktur yang terjadi belakangan ini.

Salah satu hasil evaluasi tersebut adalah meminta agar kontraktor tidak memaksakan untuk melanjutkan pekerjaan hingga malam hari atau bekerja sesuai dengan kemampuan.

Baca juga : Kecelakaan Tol Becakayu, Pemerintah Evaluasi Pekerjaan Malam Hari

Ketua Komite K2 Syarif Burhanuddin menegaskan hal tersebut tak berkaitan dengan kebijakan pengerjaan dalam tiga shift seperti yang diperintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

"Soal hasil evaluasi tersebut menjadi tugas pelaksana jasa apakah mereka punya cukup orang untuk melakukan pekerjaan tiga shift. Jadi yang dimaksud tiga shift ini orangnya tidak sama, melainkan yang masih fit seperti shift pagi," ungkap Syarif, di Media Center Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Rabu (28/2/2018).

Baca juga : Terkait Kecelakaan Kerja, Dirut Waskita Karya Siap Mundur

Selain itu, yang menjadi tugas pelaksana lainnya untuk menentukan pengerjaan tiga shift adalah melihat pencahayaan di lokasi proyek, dan melihat ketersediaan peralatan.

"Jadi bukan berati enggak ada tiga shift. Silakan lanjutkan sesuaikan dengan hal yang ada di lapangan. Intinya safety first jadi acuan kita," pungkas Syarif.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X