Kompas.com - 26/02/2018, 16:39 WIB

KOMPAS.com - Tak hanya Indonesia, inisiasi pengembangan kota cerdas juga tengah digalakkan oleh Filipina.

Terbaru mereka menandatangani sebuah nota kerja sama untuk membantu mewujudkan sebuah pusat komunitas raksasa yang "cerdas, hijau, dan tahan bencana", dengan Surbana Jurong.

Baca juga : Bangun Kota Cerdas Harus Pertimbangkan Potensi Bencana

Melalui Badan Konversi dan Pengembangan Dasar (BCDA), Filipina menggandeng perusahaan konsultan perkotaan, industri dan infrastruktur yang berbasis di Singapura itu dan Japan Investment Infrastructure Investment Corporation untuk Transportasi dan Pembangunan Perkotaan (JOIN) guna mengembangkan New Clark City.

Kota ini dikembangkan dalam 30 atau 40 tahun, dengan luas area sekitar 9,45 hektar. CEO BCDA Arnel Casanova mengklaim, New Clark City bakal lebih besar ketimbang Manhattan di New York, Amerika Serikat, sana.

Arnel menjelaskan, tahap pertama proyek tersebut, yang berada di antara kota Capas dan Bamban, provinsi Tarlac, akan selesai pada tahun 2022.

Baca juga : Arsitek Dunia Nilai Bandung Leader Kota Cerdas Indonesia

Melansir laman Surbana Jurong, New Clark City dipromosikan sebagai sebuah jantung masa depan dari pembangunan infrastruktur yang diprakarsai oleh Presiden Rodrigo Duterte senilai Rp 2.212 triliun.

"New Clark City memiliki potensi yang luar biasa, dan kami berkomitmen untuk menjadi mitra jangka panjang dalam pertumbuhan kota," kata CEO Surbana Jurong Group Wong Heang Fine yang memimpin penandatanganan di Cebu.

Wong Heang berharap transformasi wilayah ini akan menghasilkan pertumbuhan yang berkelanjutan dan menciptakan lapangan kerja secara lokal, dan pada akhirnya membawa manfaat ekonomi dan sosial jangka panjang bagi Filipina.

"Kami juga berharap bisa bekerja sama dengan BCDA dan JOIN, serta investor internasional dan masyarakat lokal, menjadikan proyek ini sukses," kata Wong Heang.

Ketiga pihak diharapkan dapat memperbaiki rencana induk proyek dengan draft baru terkait kerangka manajemen pembangunan, pedoman standar desain, dan pedoman lingkungan.

Untuk diketahui, Surbana Jurong dimiliki oleh perusahaan investasi Temasek Holdings. Perusahaan ini juga akan membantu dalam memanfaatkan kemitraan publik-swasta untuk menarik investor ke New Clark City.

Kota pintar ini dirancang terintegrasi dengan infrastruktur Kereta Api Manila-Clark Railway sepanjang 106 kilometer yang akan menghubungkan Manila, dan kota-kota lainnya. Konektivitas ini dijadwalkan beres pada 2021 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.