Kompas.com - 23/02/2018, 08:00 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Ritel Singapura mulai berguguran. Satu per satu peritel "bedol desa" keluar dari negara tetangga Indonesia itu.

Selang seminggu pasca pengumuman tumbangnya GAP dan Banana Republic, peritel mode American Eagle Outfitters juga keluar dari pasar Singapura akhir bulan ini.

Melansir Straits Times, Kamis (22/2/2018), sebanyak dua gerai American Eagle Outfitters bakal tutup total.

Baca juga: Akhir Tragis GAP dan Banana Republic di Negeri Singa...

Kedua gerai tersebut berada di Suntec City san Vivo City. Untuk gerai di Suntec City akan tutup pada 28 Februari sedangkan cabang Vivo City berhenti operasional sebelum 28 Februari.

Nasib American Eagle Outfitters tak begitu mujur di negeri bekas jajahan Inggris itu. Belum sampai tiga tahun beroperasi, American Eagle Outfitters sudah harus tumbang.

Awal mulanya, American Eagle Outfitters dibawa masuk ke Singapura oleh perusahaan lokal Star 360 Holdings. Grup itu diketahui juga mengelola merek seperti Onitsuka Tiger, Birkenstock, dan Cole Haan.

American Eagle OutfittersNomuradesign American Eagle Outfitters
Pihak perusahaan mengatakan, tutupnya American Eagle Outfitters tidak terhindarkan. Mereka kini bakal fokus kembali pada bisnis utama mereka, yaitu jualan alas kaki.

Esther Ho, Wakil Direktur Sekolah Manajemen Bisnis Nanyang Polytechnic, mengatakan, persaingan ritel pakaian di Singapura memang sengit.

Menurut Esther, munculnya label seperti H&M, Zara, dan Forever 21 telah melukai merek seperti GAP dan juga American Eagle Outfitters.

"Bagi merek Amerika Serikat, pertumbuhan e-commerce juga memengaruhi kinerja toko mereka di sini (Singapura). Warga Singapura dapat melewatkan peran distributor dengan langsung membeli secara daring," cetus Esther.

Baca juga: Pesona Ritel Singapura Kian Redup, Mungkinkah Bisa Bertahan?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.