Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beroperasi 2019, Konstruksi Tol Balikpapan-Samarinda 46,7 Persen

Kompas.com - 13/01/2018, 10:00 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Pembebasan lahan proyek Jalan Tol Balikpapan-Samarinda telah mencapai 96,68 persen. Jalan tol sepanjang 99,35 kilometer ini ditargetkan dapat beroperasi pada tahun depan.

"Hingga awal Januari 2018 pembangunan jalan tol ini sudah mencapai 46,704 persen," kata Direktur Utama PT Jasamarga Balikpapan (JBS) Samarinda Arie Irianto dalam keterangan tertulis, Jumat (12/1/2018).

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani mengatakan, jalan tol ini akan terbagi ke dalam lima seksi. Kehadiran jalan tol ini diharapkan dapat menjadi cikal bakal lahirnya Trans-Kalimantan.

"Pada akhir tahun 2018, mudah-mudahan jalan tol Balikpapan Samarinda dapat diselesaikan sehingga pada awal tahun 2019 jalan tol ini dapat beroperasi," kata Desi.

Desi pun mengapresiasi langkah PT JBS dalam mempercepat pembangunan proyek ini. Salah satu persoalan yang dihadapi PT JBS yaitu penggarapan Taman Hutan Rakyat (Tahura). Setelah Tahura dirampungkan konstruksi jalan tol tersebut bisa dilanjutkan.

Desi menambahkan, kehadiran jalan tol ini juga akan memangkas biaya logistik. Pasalnya, distribusi barang antar dua kota akan menjadi lebih cepat.

Pengguna jalan dapat memangkas total perjalanan 54 kilometer, sehingga berbanding lurus dengan efisiensi waktu perjalanan antara Balikpapan dan Samarinda.

"Dari waktu tempuh semula menghabiskan tiga jam, nantinya dapat ditempuh hanya dalam waktu satu jam," tuntas Desi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com