Beroperasi 2019, Konstruksi Tol Balikpapan-Samarinda 46,7 Persen

Kompas.com - 13/01/2018, 10:00 WIB
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Pembebasan lahan proyek Jalan Tol Balikpapan-Samarinda telah mencapai 96,68 persen. Jalan tol sepanjang 99,35 kilometer ini ditargetkan dapat beroperasi pada tahun depan.

"Hingga awal Januari 2018 pembangunan jalan tol ini sudah mencapai 46,704 persen," kata Direktur Utama PT Jasamarga Balikpapan (JBS) Samarinda Arie Irianto dalam keterangan tertulis, Jumat (12/1/2018).

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani mengatakan, jalan tol ini akan terbagi ke dalam lima seksi. Kehadiran jalan tol ini diharapkan dapat menjadi cikal bakal lahirnya Trans-Kalimantan.

"Pada akhir tahun 2018, mudah-mudahan jalan tol Balikpapan Samarinda dapat diselesaikan sehingga pada awal tahun 2019 jalan tol ini dapat beroperasi," kata Desi.

Desi pun mengapresiasi langkah PT JBS dalam mempercepat pembangunan proyek ini. Salah satu persoalan yang dihadapi PT JBS yaitu penggarapan Taman Hutan Rakyat (Tahura). Setelah Tahura dirampungkan konstruksi jalan tol tersebut bisa dilanjutkan.

Desi menambahkan, kehadiran jalan tol ini juga akan memangkas biaya logistik. Pasalnya, distribusi barang antar dua kota akan menjadi lebih cepat.

Pengguna jalan dapat memangkas total perjalanan 54 kilometer, sehingga berbanding lurus dengan efisiensi waktu perjalanan antara Balikpapan dan Samarinda.

"Dari waktu tempuh semula menghabiskan tiga jam, nantinya dapat ditempuh hanya dalam waktu satu jam," tuntas Desi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.