Kompas.com - 04/01/2018, 13:35 WIB
Proyek Waduk Nasional - Kawasan Waduk Jatibarang yang mulai secara resmi disungsikan bulan lalu sejak pembangunannya tahun 2009 di Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (23/6/2015). Hingga saat ini pemerintah menyelesaikan proyek pembangunan waduk dan bendungan di sejumlah wilayah yang ditargetkan pada tahun 2019 mencapai 49 bendungan. KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASAProyek Waduk Nasional - Kawasan Waduk Jatibarang yang mulai secara resmi disungsikan bulan lalu sejak pembangunannya tahun 2009 di Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (23/6/2015). Hingga saat ini pemerintah menyelesaikan proyek pembangunan waduk dan bendungan di sejumlah wilayah yang ditargetkan pada tahun 2019 mencapai 49 bendungan.
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Saat ini pemerintah tengah melakukan pembangunan 936 panel surya di Bendungan Jatibarang.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memperkirakan, listrik yang dapat dihasilkan sekitar 300 KWH dan akan digunakan untuk operasional bendungan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Listrik yang dihasilkan akan masuk dalam sistem PLN, sehingga bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengoperasian bendungan secara mandiri," ujar Basuki melalui keterangan tertulis yang diterima KompasProperti, Rabu (3/1/2017).

Pembangunan panel surya ini merupakan proyek percontohan dalam rangka mengoptimalkan aset bendungan. Tidak hanya di tubuh bendungan saja, tapi aset ini juga termasuk di badan-badan air bendungan.

Pembangunan panel surya akan direplikasi penerapannya di bendungan lainnya sehingga memenuhi kebutuhan listriknya sendiri untuk operasi bendungan.

Selain itu, Bendungan Jatibarang juga memiliki pemandangan yang sangat bagus sehingga wajar jika kini menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Semarang.

Daya tarik bagi wisatawan disamping bendungan dan pemandangan alam, juga terdapat obyek wisata Goa Kreo yang dihuni oleh satwa terutama kera.

Untuk mendukung hal tersebut, Menteri Basuki juga melakukan pengecekan terhadap kebersihan dan penggunaan gedung pengelola bendungan.

"Banyak sekali satwa-satwa seperti kera. Hal ini menjadi tantangan dalam perawatan dan pengoperasian panel surya," kata Basuki.

Kementerian PUPR juga melakukan penghijauan dan penanaman pohon pada kawasan hijau bendungan, diantaranya pohon buah-buahan seperti pisang yang sekaligus menjadi sumber makanan bagi satwa-satwa yang ada.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.