Kompas.com - 03/01/2018, 09:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

KENDAL, KompasProperti - Target pembebasan tanah yang terkena proyek Tol Batang-Semarang di wilayah Kabupaten Kendal selesai tahun 2017, telah terpenuhi.

Lebih dari 98,43 persen pemilik yang lahannya terkena proyek tol itu, sudah menerima ganti rugi. Sisanya masih menunggu proses administrasi.

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kendal Herry Fatkhurohman mengatakan hal tersebut, Selasa (2/1/2018). Dengan demikian, tugas Herry selaku pelaksana pembebasan tanah proyek tol, sudah selesai.

Menurut dia, sekitar 2 persen yang masih dalam proses tersebut adalah tanah wakaf dan tanah milik desa. Proses ganti tanah wakaf, masih menunggu keputusan kementerian agama, sedang untuk tanah desa menanti rekomendasi dari gubernur Jawa Tengah.

“Tapi pada prinsipnya semua sudah selesai. Ada sejumlah masyarakat yang belum menerima uang ganti, tapi uang itu sudah dititipkan ke Pengadilan Negri,” ujar Herry.

Sebelumnya, Humas PT Jasa Marga Semarang-Batang Jawa Tengah, Iwan Abrianto, mengatakan progres fisik Tol Batang-Semarang sudah mencapai 65,734 persen , dan perkembangan pengadaan tanah, mencapai 98,17 persen.

“Yang belum bebas dan masih dalam proses, sebagian besar adalah tanah wakaf. Kami masih menunggu informasi dari kementerian agama, “ kata Iwan.

Iwan berharap proses ganti tanah wakaf cepat selesai, sehingga Lebaran 2018 Jalan Tol Batang-Semarang sudah bisa dilewati untuk sementara, dan akhir tahun 2018 diresmikan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.