Kompas.com - 03/01/2018, 08:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

KompasProperti – Awal tahun ini, peritel ternama Marks and Spencer membuat kabar mengejutkan. Perlahan namun pasti, Marks and Spencer melepas kepemilikan gerainya di luar Inggris.

Seperti diwartakan The Guardian, Selasa (2/1/2018), Marks and Spencer menjual tokonya di Hong Kong dan Makau sebagai bagian dari rencana perombakan bisnisnya.

Untuk diketahui, peritel legendaris itu tak luput dari terjangan badai ritel pada 2017 silam. 

Chief Executive Officer Marks and Spencer Steve Rowe telah mengatakan pada medio 2017, pihaknya bersiap menutup 30 gerai di Inggris serta 53 gerai internasional, seperti di China, Belgia, Perancis, Hong Kong, dan lain-lain.

Baca juga: Mulai Tergelincir, "Marks and Spencer" Bersiap Tutup Toko?

Menyadari bisnisnya meredup, Marks and Spencer menyiapkan sejumlah langkah strategis.

Melepas kepemilikan gerai mereka di Hong Kong dan Makau kepada pewaralaba asal Timur Tengah, Al-Futtaim adalah bagian dari upaya perbaikan bisnis tersebut.

Sebanyak 27 gerai Marks and Spencer di Hong Kong dan Makau bakal resmi beroperasi di bawah bendera Al-Futtaim tahun ini.

Namun sayangnya, Marks and Spencer enggan membocorkan nilai penjualan tersebut.

"Kami telah mengubah secara substansial bisnis internasional kami. Itu dilakukan untuk meningkatkan keuntungan dan memastikan pertumbuhan bisnis Marks and Spencer," ungkap Direktur Internasional Marks and Spencer, Paul Friston.

"Sebagai salah satu operator ritel terkemuka di dunia, dengan kemampuan logistik dan keahlian lokal yang kuat, Al-Futtaim adalah mitra ideal untuk mengembangkan bisnis kami di Hongkong dan Makau,” imbuh dia.

Setelah melepas kepemilikan toko di Hong Kong dan Makau, Marks and Spencer kini hanya memiliki gerai yang masih dikelola secara langsung di Irlandia serta Ceko.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.