Kompas.com - 21/12/2017, 18:07 WIB
Pekerja menunjukkan kartu pembayaran elektronik tol (E-Toll) yang dijual di pintu gerbang Tol Cikunir, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (11/10/2017). Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan Perbankan akan memberikan diskon untuk pembelian kartu perdana elektronik tol selama 16 - 31 Oktober 2017. ANTARA FOTO/RISKY ANDRIANTOPekerja menunjukkan kartu pembayaran elektronik tol (E-Toll) yang dijual di pintu gerbang Tol Cikunir, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (11/10/2017). Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan Perbankan akan memberikan diskon untuk pembelian kartu perdana elektronik tol selama 16 - 31 Oktober 2017.
|
EditorHilda B Alexander

Konferensi pers Jasa Marga terkait persiapan jalan tol menjelang Natal dan Tahun Baru 2018Arimbi Ramadhiani Konferensi pers Jasa Marga terkait persiapan jalan tol menjelang Natal dan Tahun Baru 2018
JAKARTA, KompasProperti - Untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan saat puncak arus mudik Natal dan Tahun Baru 2018, PT Jasa Marga (Persero) Tbk melakukan beberapa upaya.

Salah satunya adalah menyiapkan mesin pembaca kartu yang dapat digunakan secara mobile (mobile reader).

Hal ini disesuaikan dengan kenyataan di lapangan bahwa seluruh transaksi harus dilakukan secara non tunai atau menggunakan kartu.

"Yang membedakan pelayanan dengan lalin tahun lalu, tahun ini sudah 100 persen non tunai. Kalau tahun lalu caranya dengan jemput kendaraan, nanti kami akan membawakan reader untuk pembacaan kartu secara mobile," ujar Corporate Secretary Jasa Marga Agus Setiawan saat konferensi pers, Kamis (21/12/2017).

Menurut Agus, Jasa Marga fokus dalam mendukung pelayanan transaksi secara cepat agar tidak terjadi antrean.

Mobile reader ini juga diharapkan dapat memastikan pengguna tidak terganggu dengan proses membaca kartu yang terkadang membutuhkan waktu.

Adapun penambahan mobile reader ini nantinya dapat ditemui di Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama, Cileunyi, dan Pasteur.

Jumlah mobile reader yang disiapkan Jasa Marga sebanyak 12 unit, yang masing-masing terbagi di Cikarang Utama 6 unit, Cileunyi 3 unit, dan Pasteur 3 unit.

Adapun upaya lain untuk mengurangi gangguan di gardu tol adalah pemanfaatan gardu reversible di ketiga GT tersebut,

Kemudian, Jasa Marga juga akan mengoptimalkan Gardu E-Pass menjadi Hybrid, memindahkan lokasi Top Up, dan mengarahkan petugas di satelit GT Cengkareng.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.