Refly: Tol Layang Jakarta-Cikampek Kombinasi yang Sempurna

Kompas.com - 14/12/2017, 11:00 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono didampingi Komisaris Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Refly Harun saat menyaksikan pemutaran perdana pier head pada konstruksi Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated), Rabu (13/12/2017). Jasa MargaMenteri PUPR Basuki Hadimuljono didampingi Komisaris Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Refly Harun saat menyaksikan pemutaran perdana pier head pada konstruksi Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated), Rabu (13/12/2017).
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

BEKASI, KompasProperti - Kepadatan arus lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, membuat teknologi sosrobahu dipilih dalam pembangunan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated).

Baca juga : Teknologi Sosrobahu Lahir Setelah Penemunya Utak-atik Mercy

Teknologi ini, sebelumnya sudah digunakan saat pembangunan Jalan Tol Wiyoto Wiyono yang berada di atas bypass Ahmad Yani.

"Kita tahu bahwa Tol Jakarta-Cikampek ini adalah jalan tol yang sudah beroperasi dan padatnya luar biasa. Karena itu, ketika harus membangun elevated maka harus ada banyak pertimbangan," kata Komisaris Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Refly Harun kepada KompasProperti, Rabu (13/12/2017) malam.

Teknik sosrobahu digunakan saat pekerjaan konstruksi pier head. Dari 294 pier head, 200 di antaranya dipasang menggunakan teknik ini.

Pier head nantinya berada di tengah-tengah ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Namun, ada beberapa yang terpaksa dipasang di pinggir, lantaran terhalang konstruksi jembatan Grand Wisata.

"Tapi mayoritas nanti akan di tengah. Jadi pilihan-pilihan, ini kan teknologi kita sendiri, punya anak bangsa sendiri. Jadi kebutuhannya ada, teknologinya ada, ini adalah suatu kombinasi yang sempurna," kata dia.

Teknik sosrobahu diciptakan insinyur asal Indonesia, Tjokorda Raka Sukawati. Teknologi ini banyak dilirik negara asing lantaran dinilai efektif dalam meminimalisir efek kemacetan saat membangun konstruksi tol layang di atas jalan eksisting.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X