Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Progres Fisik 60,85 Persen, Tol Batang-Semarang "Zero Accident"

Kompas.com - 08/12/2017, 17:50 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KompasProperti - Kemajuan konstruksi Jalan Tol Batang-Semarang, pada minggu ke-4 November 2017, sudah mencapai 60,85 persen.

Demi mengejar fungsionalisasi pada mudik Lebaran 2018, PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) selaku operator jalan tol ini mempercepat pembangunan tanpa mengabaikan

Pimpinan Proyek PT JSB R Beni Dwi Septiadi menuturkan, hingga saat ini proyek pembangunan jalan tol sepanjang 75 kilometer tersebut zero accident.

“Ya zero accident hingga saat ini,” ujar Beni kepada KompasProperti, Jumat (8/12/2017).

Asisten Manager Mutu Pengendalian K3 PT JSB, Eka Hadi Purwanto menambahkan, semua pekerjaan proyek Jalan Tol Batang-Semarang wajib selalu berpedoman kepada prosedur K3.

Apabila suatu pekerjaan tidak dilengkapi dengan prosedur K3, maka pekerjaan tersebut harus segera dihentikan, dan dapat dilanjutkan apabila pemenuhan standar K3 sudah dijalankan.

Menurut Eka, satu hari sebelum pengerjaan, pihaknya selalu melakukan pemeriksaan terhadap semua peralatan yang akan digunakan. Di antaranya kelengkapaan surat izin operasi alat berat.

“Kami juga selalu memastikan kesiapan semua sumber daya manusia (SDM), yang akan bekerja harus dilengkapi oleh Alat Pelindung Diri (APD) dan sesuai dengan prosedur K3. Hal ini dilakukan agar terhindar dari bahaya kecelakaan kerja,” papar Eka.

Prosedur K3 yang diterapkan oleh PT JSB meliputi identifikasi resiko pekerjaan melalui job safety analysis, kegiatan assessment unit, operator, dan lingkungan kerja sebelum pelaksanaan, sosialisai kebijakan K3 melalui safety meeting, inspeksi dan evaluasi penerapan K3 di lapangan, serta dokumentasi pelaksanaan K3.

Menurut Eka, penerapan prosedur K3 dalam pengerjaan proyek ini juga sebagai upaya dalam melakukan percepatan pembangunan.

"PT JSB optimistis pembangunan proyek jalan tol yang dibagi menjadi 5 seksi ini dapat segera diuji coba dan beroperasi penuh pada akhir tahun 2018,” sebut Eka.

Jalan Tol Batang-Semarang merupakan bagian dari proyek Jalan Tol Trans Jawa yang dibagi menjadi 5 seksi, yang terdiri dari Seksi 1 Batang-Batang Timur (3,20 Km), Seksi 2 Batang Timur-Weleri (36,35 Km), Seksi 3 Weleri-Kendal (11,05 Km), Seksi 4 Kendal-Kaliwungu (13,50 Km), dan Seksi 5 Kaliwungu-Krapyak (10,10 Km).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com