Ini Syarat Penerima Bantuan Rumah Swadaya

Kompas.com - 06/12/2017, 20:00 WIB
Rumah tapak murah yang diperuntukkan bagi MBR di Perumahan Pesona Bukit Batuah di Batu Ampar, Balikpapan Timur, Kalimantan Timur. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRRumah tapak murah yang diperuntukkan bagi MBR di Perumahan Pesona Bukit Batuah di Batu Ampar, Balikpapan Timur, Kalimantan Timur.
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan tidak tetap atau informal kini dapat memanfaatkan Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) untuk membangun rumah secara swadaya.

BP2BT diberikan kepada MBR informal yang telah memiliki tabungan untuk pemenuhan sebagian dana pembangunan rumah swadaya melalui kredit/pembiayaan bank.

Besaran bantuan dari pemerintah ini adalah sebesar Rp 21,4 juta sampai Rp 32,4 juta.

"Kalau digabung dengan tabungan yang dimiliki MBR, maka dapat mengurangi pokok kredit. Dengan pembiayaan yang lebih pendek, (kredit) MBR informal bisa dilayani," ujar Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Lana Winayanti di Hotel Grand Sahid Jaya, Rabu (6/12/2017).

Ia mengatakan, program BP2BT untuk pembangunan rumah secara swadaya mensyatatkan besaran penghasilan masyarakat maksimal adalah Rp 6 juta-Rp 6,5 juta per bulan.

Bagi masyarakat yang ingin mengajukan BP2BT di Zona I yaitu Jawa, Sulawesi, Sumatera, Kepulauan Riau, Bangka Belitung batasan penghasilannya Rp 6 juta.

Besaran penghasilan ini juga berlaku di serta Zona 2 yaitu Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Maluku, Maluku Utara, dan Jabodetabek.

Sementara bagi masyarakat yang berada di Papua dan Papua Barat dan ingin mengajukan BP2BT, penghasilannya tidak boleh lebih dari Rp 6,5 juta.

Adapun untuk besaran Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembangunan rumah yang berada di Zona I dan II adalah maksimal Rp 110 juta. Sedangkan untuk rumah yang berada di Zona III, besaran RAB-nya maksimal Rp 150 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.