Duet Tim Basuki-TNI Targetkan 366 Kilometer Trans Papua Tersambung

Kompas.com - 28/11/2017, 09:05 WIB
Presiden Joko Widodo dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beserta rombongan menyusuri jalan Trans Papua yang menghubungkan kabupaten/kota di Provinsi Papua dan Papua Barat, Rabu (10/4/2017). Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRPresiden Joko Widodo dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beserta rombongan menyusuri jalan Trans Papua yang menghubungkan kabupaten/kota di Provinsi Papua dan Papua Barat, Rabu (10/4/2017).
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Sampai akhir tahun 2019, pemerintah menargetkan 366 kilometer Jalan Trans Papua dari target sepanjang 4.330,07 kilometer dapat tersambung.

Infrastruktur untuk menunjang konektivitas antarwilayah di Papua tersebut digarap Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Zeni TNI Angkatan Darat.

Salah satu ruas Trans Papua yang kini tengah digarap yaitu segmen Enarotali-Ilaga-Mulia-Wamena sepanjang 513,15 kilometer. Sejauh ini, baru 371,75 kilometer jalan yang telah tersambung.

"(Jalan Trans Papua) awalnya dibuka oleh Zeni TNI AD. Selanjutnya diteruskan oleh Kementerian PUPR dengan mengaspal. Saya kira kalau duet seperti ini terus dilakukan, akan mempercepat penyelesaian," kata Presiden Joko Widodo dalam keterangan tertulis yang diterima awak media, Senin (27/11/2017).

Selain segmen tersebut, ruas Wamena-Habema-Mbua sepanjang 90 kilometer saat ini juga sudah fungsional.

Demikian halnya dari Mbua ke Mamugu. Kendati belum fungsional lantaran belum rampungnya 35 unit pekerjaan jembatan pada ruas tersebut, namun jalan itu telah terbuka.

Pembangunan 35 unit jembatan yang menghabiskan anggaran Rp 430 miliar tersebut akan rampung pada akhir 2018 mendatang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pembangunan Trans Papua bukan semata menghubungkan Provinsi Papua dengan Papua Barat melainkan membuka daerah atau wilayah yang terisolasi. Dengan demikian bisa menurunkan angka kemahalan," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Selain Trans Papua, pemerintah saat ini juga tengah membangun jalan perbatasan Papua dengan Papua Nugini. Jalan yang terbentang dari utara ke selatan itu memiliki panjangn 1.098,2 kilometer.

Jalan tersebut nantinya akan menghubungkan Kota Jayapura dengan Kota Merauke. Sejauh ini, sudah 892,3 kilometer yang telah berhasil dibuka.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X