Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini, Jalan di Pulau Karimunjawa Mulus dan Lebar...

Kompas.com - 14/11/2017, 15:30 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

JEPARA, KompasProperti - Pembangunan infrastruktur jalan wisata di Pulau Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, terlihat nyata. Jalan yang semula rusak dan berlubang, kini berubah mulus.

Jalan itu tak hanya beraspal, juga lebar. Hampir tidak ada lubang sepanjang perjalanan dari Desa Karimunjawa menuju desa lainnya, termasuk Desa Kemojan.

Pantauan KompasProperti pada awal bulan ini, lebar akses kawasan wisata hampir 7 meter. Jalan aspal itu juga dilengkapi dengan marka dan rambu lalu lintas.

Di sebagian titik juga dilengkapi dengan saluran pembuangan air atau drainase yang sangat memadai. Namun, sebagian besar lainnya memang belum terdapat saluran pembuangan air.

Jalan tersebut makin indah dipandang, karena selain bersebelahan dengan pantai, juga diapit pegunungan. Sungguh kombinasi sempurna alam Karimun Jawa

Tokoh masyarakat Karimunjawa Mardi mengatakan, pembangunan jalan terealisasi satu tahun terakhir. Jalan yang baru mampu mempercepat mobilitas warga serta para wisatawan.

jalan di Karimunjawa kini lebar dan mulus. Foto diambil awal November 2017Kompascom/Nazar Nurdin jalan di Karimunjawa kini lebar dan mulus. Foto diambil awal November 2017
Mardi mencontohkan, akses untuk menuju lokasi tracking  hutan mangrove biasanya membutuhkan waktu selama 1 jam dari Desa Karimunjawa. Namun dengan mulusnya jalan, butuh waktu tempuh 15 hingga 20 menit saja.

"Alhamdulillah mas dibangun. Ini baru setahun ini," kata Mardi, yang juga penyedia rental mobil ini.

Namun, kata dia, kebersihan jalan tidak diutamakan di pulau ini. Di beberapa titik, jalan terlihat kumuh, dan rumput ilalang mulai memakan badan jalan.

Mardi pun mengusulkan kepada pemerintah setempat agar mengajak warganya melakukan kegiatan bersih-bersih jalan supaya lebih terawat.

"Jalan yang bagus ini sayang kalau banyak sampahnya, kami sudah usulkan camat dan lurah untuk kerja bakti, tapi saat ini masih belum terlaksana," ucapnya.

Pembangunan jalan wisata sendiri dikerjakan oleh Pemkab Jepara dibantu alokasi dana dari Pemprov Jawa Tengah. Dana bantuan pada 2015 lalu sebanyak Rp 6 miliar.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kala itu "gregetan" karena pembangunan infrastruktur di Karimunjawa gagal dua kali. Ia pun minta agar pembangunan jalan tak tertunda. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com