Kompas.com - 08/11/2017, 08:20 WIB
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Dua bendungan yang tengah dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) diyakini dapat menjadi upaya dalam mengendalikan banjir di DKI Jakarta.

Kedua bendungan tersebut yakni Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi, yang juga menjadi bendungan kering atau dry dam pertama yang dibangun di Indonesia.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Imam Santoso mengatakan, kedua bendungan ini nantinya tidak akan digunakan untuk kepentingan irigasi maupun air baku.

Ketika hujan turun, bendungan akan menampung air dan memperlambat aliran yang menuju Jakarta.

"Dan itu kira-kira 13 persen dari debit banjir Sungai Ciliwung. Kalau ditambah lagi dengan berfungsinya sudetan, dan normalisasi sungai maka risiko banjir yang terjadi bisa kita kurangi luasan dan dampaknya," kata Imam dalam keterangan tertulis, Selasa (7/11/2017).

Dua proyek itu dikerjakan oleh dua kontraktor berbeda. Kontrak Bendungan Ciawi yang ditandatangani pada 23 November 2016, digarap oleh SNVT PJSA Ciliwung Cisadane dan Abipraya-Sacna KSO.

Nilai kontrak proyek ini mencapai Rp 757,8 miliar dengan luas area genangan 29,22 hektar dan volume tampung 6,45 juta meter kubik.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Imam Santoso saat meninjau proyek bendungan, Senin (6/11/2017).Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Imam Santoso saat meninjau proyek bendungan, Senin (6/11/2017).

Sementara, kontrak Bendungan Sukamahi yang ditandatangani pada 20 Desember 2016, digarap kontraktor Wijaya-Basuko KSO.

Bendungan senilai Rp 436,97 miliar itu memiliki daya tampung tampung 1,68 juta meter kubik dan luas area genangan 5,23 hektar. Kedua bendungan tersebut ditargetkan selesai konstruksinya pada tahun 2019.

Saat meninjau lokasi pada Senin (6/11/2017) laluu, Imam meminta, agar pekerjaan konstruksi kedua bendungan ini mengikuti sesuai instruksi Menteri PUPR.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.