Tol Becakayu Bakal Ditambah 2 Kilometer - Kompas.com

Tol Becakayu Bakal Ditambah 2 Kilometer

Kompas.com - 03/11/2017, 13:36 WIB
Direktur Utama Waskita Karya M. CholiqArimbi Ramadhiani Direktur Utama Waskita Karya M. Choliq

BEKASI, KompasProperti - PT Waskita Karya (Persero) Tbk mengajukan usulan kepada pemerintah untuk menambah panjang Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu).

Saat ini, Jalan Tol Becakayu dirancang sepanjang 21 kilometer. Dengan 8,26 kilometer di antaranya baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat (3/11/2017).

"Ada rencana penambahan, mungkin dari Bekasi sampai Tambun," ujar Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk M. Choliq usai peresmian Becakayu.

Baca juga : Tol Becakayu Gratis sampai 2 Minggu ke Depan

Choliq mengatakan, penambahan jalan ini harus diajukan kembali, menggunakan kontrak baru, dan melewati proses penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT).

Presiden Joko Widodo (rompi merah) bersama sejumlah pejabat lain, saat meresmikan ruas jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) di kawasan Jakasampurna, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (3/11/2017). Presiden Joko Widodo meresmikan ruas jalan tol yakni Seksi 1B dan 1C sepanjang 8,26 kilometer yang terbentang dari Cipinang Melayu-Pangkalan Jati-Jakasampurna.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Presiden Joko Widodo (rompi merah) bersama sejumlah pejabat lain, saat meresmikan ruas jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) di kawasan Jakasampurna, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (3/11/2017). Presiden Joko Widodo meresmikan ruas jalan tol yakni Seksi 1B dan 1C sepanjang 8,26 kilometer yang terbentang dari Cipinang Melayu-Pangkalan Jati-Jakasampurna.
Sementara itu, menurut Direktur Utama PT Waskita Toll Road, Herwidiakto, tambahan pembangunan jalan tol tersebut adalah sekitar 2 kilometer dari 21 kilometer menjadi 23,5 kilometer.

Saat ini, panjang tol yang akan segera beroperasi adalah Seksi I. Seksi ini membentang dari Casablanca sampai Jaka Sampurna.

Baca juga : Juli 2018, Konstruksi Tol Becakayu Rampung Seluruhnya

Sedangkan untuk penambahan adalah pada bagian Seksi II. Pada rencana awal, Seksi ll A dibangun sepanjang 4,1 kilometer dan Seksi II B 7,8 kilometer.

Tol Becakayu.Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Tol Becakayu.
"Prinsipnya adalah menyambungkan antara tol dan tol. Perubahan trase sudah diajukan sebulan yang lau," jelas Herwidiakto.

Hak konsesi jalan bebas hambatan ini dipegang oleh PT Kresna Kusuma Dyandra Marga dengan kepemilikan sahamnya PT Waskita Toll Road sebesar 98,97 persen dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebesar 1,03 persen.

Dana investasi tol sepanjang 21 kilometer adalah Rp 8,5 triliun. Sedangkan, untuk penambahan 2 kilometer, Herwidiakto belum bisa memastikan berapa besarannya.


EditorHilda B Alexander

Close Ads X