Kompas.com - 29/10/2017, 18:33 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Telah terjadi kecelakaan yang menewaskan 1 orang dan mengakibatkan 2 orang lainnya luka-luka pada pembangunan proyek Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo.

Proyek ini dikerjakan oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk selaku kontraktor pelaksana. Sementara pemegang konsesi jalan tol adalah PT Trans Jawa Paspro Jalan Tol yang 100 persen sahamnya dimiliki PT Waskita Toll Road.

Kepala Proyek Kadek Oka Swartana mengatakan, kecelakaan terjadi saat pembangunan konstruksi jalan layang atau flyover.

Baca juga : Kecelakaan Proyek Tol Pasuruan-Probolinggo, 1 Tewas dan 2 Luka-luka

Flyover tersebut menghubungkan Desa Plososari dengan Desa Cukurgondang sebagai pengganti jalan kabupaten.

Tol Paspro yang ambruk di Grati, Kabupaten Pasuruan, Minggu (28/10/2017). Surya/Galih Lintartika Tol Paspro yang ambruk di Grati, Kabupaten Pasuruan, Minggu (28/10/2017).
"Pekerjaaan pemasangan empat girder pembangunan flyover dilaksanakan sejak Sabtu (28/10/2017).mulai pukul 13.44 WIB," ujar Kadek melalui keterangan tertulis yang diterima KompasProperti, Minggu (29/10/2017).

Saat itu, lanjut Kadek, di area pembangunan yang berlokasi di Desa Cukurgondang, Kecamatan Grati Pasuruan, telah dilakukan pekerjaan erection tiga girder sepanjang 50,8 meter.

Selain itu, pembangunan juga mencakup pemasangan bracing dengan menggunakan dua crane masing-masing berkapasitas 250 ton dan 150 ton.

Pada Minggu (29/10/2017) mulai pukul 09.00 WIB dilanjutkan pengerasan satu girder yakni girder keempat.

"Saat girder keempat sudah pada posisi bearing pad dan akan dilakukan pemasangan bracing, girder keempat tiba-tiba goyang menyentuh girder lain sehingga menyebabkan keruntuhan," jelas Kadek.

Konstruksi bangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Tol Pasuruan – Probolinggo (Paspro) yang ambruk di Desa Cukurgondang, Grati, Pasuruan, Minggu (29/10/2017). Satu pekerja meninggal dunia, dua orang mengalami luka-luka dan empat kendaraan tertimpa ambruk. ANTARA FOTO/Umarul Faruq Konstruksi bangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Tol Pasuruan – Probolinggo (Paspro) yang ambruk di Desa Cukurgondang, Grati, Pasuruan, Minggu (29/10/2017). Satu pekerja meninggal dunia, dua orang mengalami luka-luka dan empat kendaraan tertimpa ambruk.
Atas kejadian tersebut, satu orang meninggal bernama Heri Sunandar (27 tahun) asal Kalimantan Timur yang merupakan karyawan Waskita Karya dan bekerja sebagai staf mekanik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.