Kompas.com - 13/10/2017, 15:09 WIB
Penandatanganan perjanjian kredit sindikasi untuk dua proyek jalan tol yang digarap PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Jumat (13/10/2017). Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) TbkPenandatanganan perjanjian kredit sindikasi untuk dua proyek jalan tol yang digarap PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Jumat (13/10/2017).
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - PT Jasa Marga (Persero) Tbk menargetkan pembangunan proyek Jalan Tol Manado-Bitung dapat rampung dan siap dilintasi pada pertengahan tahun 2019. Proyek tol sepanjang 39 kilometer itu dirancang memiliki dua segmen.

Segmen I terdiri atas Seksi IA Ring Road Manado-Sukur sepanjang 7,9 kilometer dan Seksi IB Sukur-Air Madidi sepanjang 7 kilometer.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan, Segmen II terdiri atas Seksi IIA Air Madidi–Danowodu sepanjang 11,5 kilometer dan Seksi IIB Danowodu-Bitung sepanjang 13,5 kilometer.

"14 kilometer pertama dibangun pemerintah, dan 25 kilometer dibangun Jasamarga Manado Bitung," kata Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung George IMP Manurung para jurnalis, Jumat (13/10/2017).

Dia menjelaskan, untuk Seksi IA saat ini progres pembebasan lahan sudah 90 persen, sementara 65 persen untuk Seksi IB.

Sedangkan untuk Seksi IIA progres pembebasa lahan sudah mencapai 84 persen dan progres konstruksinya sudah 21,7 persen. Adapun untuk Seksi IIB proses pembebasan lahan baru mencapai 16,03 persen.

Untuk menggenjot pekerjaan konstruksi, PT Jasamarga Manado Bitung mendapatkan bantuan kredit sindikasi sebesar Rp 3,586 triliun.

"Sehingga dana ini sangat baik bagi kami untuk memperlancar proses pembangunan konstruksi, sehingga sesuai target 2019," kata dia.

Kredit sindikasi dengan jangka waktu 15 tahun ini diberikan oleh BNI, BCA, Bank Mandiri dan Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebagai Joint Mandated Lead Arranger and Book Runner (JMLAB).

Adapun kreditur kredit sindikasi ini diantaranya Bank ICBC Indonesia, Bank Sulselbar, Bank RiauKepri dan Bank Jateng, Agen Fasilitas BNI, Agen Jaminan BCA dan Agen Penampungan Bank Mandiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.